Tahun Baru Usai, Komunitas Kumpulkan Sampah di Malioboro

Bagus Kurniawan - detikNews
Selasa, 01 Jan 2019 03:14 WIB
Foto: Dok JGS/detikcom
Yogyakarta - Ribuan warga Yogyakarta merayakan malam tahun baru diberbagai kawasan seperti Tugu Yogya, Malioboro hingga titik nol kilometer di Simpang Empat Kantor Pos Besar.

Usai malam pergantian tahun itu berbagai sampah terutama sampah plastik banyak berserakan di berbagai sudut jalan di kawasan itu. Ada sampah plastik bekas minuman, makanan, kertas pembungkus makanan yang dibuang tidak pada tempatnya.

Berbagai komunitas bergerak untuk membersihkan sampah-sampah itu. Komunitas dan para relawan itu ada yang tergabung Jogja Garuk Sampah (JGS), Clean the City (CtC) Jogja, Ayo Reresik dan lain-lain.

Sejak Senin (31/12/2018) pukul 21.00 WIB mereka sudah berkumpul di berbagai titik. Komunitas Jogja Garuk Sampah berkumpul di kawasan Malioboro, komunitas Clean the City berkumpul di kawasan Kotabaru kemudian menuju Malioboro dengan berjalan kaki. Sedangkan komunitas lain ada yang berada disekitar Tugu Yogya dan titik nol kilometer.

"Kami ingin memberikan gedukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan, dimulai dari hal paling sederhana, membuang sampah pada tempatnya," ungkap Humas Komunitas CtC Jogjakarta, Rizqi Baihaqi Ahmadi disela-sela kegiatan, Selasa (1/1/2019).

Menurutnya dengan kegiatan itu agar masyarakat Yogya tertanam bahwa budaya bersih adalah bagian dari karakter bangsa Indonesia. Masyarakat untuk menjaga kebersihan, dimulai dari hal paling sederhana, membuang sampah pada tempatnya.
Tahun Baru Usai, Komunitas Kumpulkan Sampah di MalioboroFoto: Dok Clean the City/detikcom

"Kita mengingatkan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, sehingga paling tidak dapat mengurangi volume sampah berserakan. Kami menjaga keindahan Yogya dengan menjaga kebersihannya," kata Rizqi di depan Malioboro Mal Yogya.

Hal serupa juga dilakukan oleh komunitas JGS, puluhan anggota juga langsung terjun di kawasan Malioboro. Mereka menyusuri jalan sepanjang pedestrian Malioboro untuk memunguti sampah-sampah yang berserakan atau dibuang tidak pada tempatnya.

Mereka membawa tempat sampah plastik berbagai ukuran untuk menampung sampah-sampah. Sampah itu kemudian dikumpulkan disalah satu tempat. Ada banyak kantong plastik berisi sampah yang dikumpulkan dari kawasan itu.

"Ada banyak komunitas yang ikut kegiatan untuk membersihkan sampah malam tahun baru ini," ungkap koordinator JGS Bekti Maulana.

Saat mengumpulkan sampah di Malioboro ada puluhan kantong sampah baik sampah plastik botol minuman maupun sampah lainnya. Sampah-sampah itu langsung dipilah-pilah. Sampah plastik yang bisa didaur ulang diserahkan pada pengumpul sampah di sekitar Malioboro. Sedangkan sampah lainnya akan diangkut petugas kebersihan Kota Yogyakarta.



Simak juga video 'Pesta Tahun Baru di Bundaran HI Usai, Pasukan Oranye Beraksi':

[Gambas:Video 20detik]

(sip/bgs)