detikNews
Senin 31 Desember 2018, 14:07 WIB

Ada Car Free Night di Solo, Jalan Slamet Riyadi Akan Ditutup

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Ada Car Free Night di Solo, Jalan Slamet Riyadi Akan Ditutup Jalan Slamet Riyadi. Foto diambil saat ada acara Haul Habib Ali. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Car free night (CFN) akan kembali digelar di Kota Solo pada malam pergantian tahun baru 2019. Mulai pukul 21.00 WIB, Jalan Slamet Riyadi akan ditutup untuk kegiatan tersebut.

Jalan protokol di tengah Kota Solo itu akan ditutup mulai dari simpang empat Purwosari sampai Jalan Jenderal Sudirman depan Balai Kota Surakarta. Seluruh persimpangan di sepanjang jalur tersebut ditutup.

"Seluruh persimpangan dari simpang empat Purwosari sampai Balai Kota kita tutup. Mobil-mobil dinas dari damkar, DPUPR, Dishub dan kepolisian akan kita pasang di tiap persimpangan," kata Kabid Lalu Lintas Dishub Surakarta, Ari Wibowo, Minggu (31/12/2018).

Ari menuturkan mobil-mobil tersebut dipasang di 13 titik persimpangan. Selain untuk menutup jalan, kendaraan-kendaraan berukuran besar itu berfungsi sebagai penarik perhatian masyarakat.

Ari menjelaskan penutupan juga dilakukan di setiap gang di sepanjang jalur CFN. Kantong parkir disediakan di setiap gang maupun persimpangan jalan.


"Selain itu, kantong parkir masih disediakan di Benteng Vastenburg, Stasiun Purwosari dan Lapangan Kottabarat," ujar dia.

Pengalihan lalu lintas juga dilakukan di jalan layang Manahan. Jalan yang baru dioperasikan 20 Desember 2018 itu hanya diberlakukan searah ke barat.

"Jalan layang hanya dilewati dari arah selatan lalu ke barat. Sedangkan jalur dari barat dan dari utara ditutup," katanya.


Di sepanjang jalan CFN, Pemkot Surakarta telah menyiapkan lima panggung hiburan. Lima titik tersebut ialah di depan Loji Gandrung, Plaza Sriwedari, Ngarsopuro, barat bundaran Gladag dan Balai Kota Surakarta.

"Acara kita pusatkan di Balai Kota. Kembang api dilarang dinyalakan di sepanjang CFN. Sebagai gantinya nanti kita bunyikan gong, kentongan dan othok-othok," kata Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata, Suwoto.
(bai/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com