Mau Rayakan Malam Tahun Baru di Gunungkidul, Ini Tempatnya

Pradito Rida Pertana - detikNews
Minggu, 30 Des 2018 19:28 WIB
Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Gunungkidul - Perayaan malam pergantian tahun di Kabupaten Gunungkidul akan terpusat di 3 tempat. Nantinya, 3 tempat itu berlangsung pesta kembang api dan pentas musik.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, tahun ini Dinpar tidak menggelar acara khusus saat malam pergantian tahun. Namun, masyarakat tetap bisa menikmati pesta kembang api dan pentas musik di Gunungkidul.

"Secara khusus Dinpar tidak tidak menyelenggarakan. Tapi, terkait acara akhir tahun di Gunungkidul setahu saya ada 3 titik, yaitu di Alun-alun (Gunungkidul), Nglanggeran dan Pantai Baron," katanya kepada detikcom, Minggu (30/12/2018) sore.

Dijelaskan Hary, untuk acara malam pergantian tahun di Alun-alun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul merupakan kolaborasi berbagai OPD, antara lain Dinpar dan Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul. Sedangkan acara di Pantai Baron dan Nglanggeran digelar oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) masing-masing.

"Yang di Alun-alun itu campur sari dengan bintang tamu Didi Kempot dan ada (Pesta) kembang api juga. Yang di Pantai Baron dan Nglanggeran pentas musik sama kembang api juga," ujarnya.

"Kalau yang di dua objek wisata itu (Pantai Baron dan Nglanggeran) yang menggelar Pokdarwis, tapi untuk yang di Nglanggeran Pokdarwisnya kerjasama dengan propinsi (Dinpar DIY)," imbuhnya.

Dikonfirmasi terpisah, Seksi Promosi dan Marketing Pokdarwis Gunung Api Purba Nglanggeran, Aris Budiyono menuturkan bahwa acara malam pergantian tahun di Nglanggeran dimulai pukul 20.00 WIB dengan menampilkan pentas orkes melayu.

Mengenai tempat acara, nantinya dipusatkan di panggung amphiteater embung Nglanggeran, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk. "Selain panggung hiburan rakyat, nanti ada pesta kembang api juga," katanya saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Minggu (30/12/2018).

Ditambahkannya, acara tersebut merupakan kerjasama antara Pokdarwis Nglanggrean dengan Dinpar DIY. Menurutnya, hal itu untuk menguatkan sinergitas antara masyarakat dan pemerintah, khususnya dalam memeriahkan malam pergantian tahun dengan aman dan nyaman.



Tonton juga video 'Polda Metro Terjunkan 20 Ribu Personel Amankan Malam Tahun Baru':

[Gambas:Video 20detik]

(bgs/bgs)