Cuaca Buruk, Pendakian ke Merbabu Ditutup Sementara

Ragil Ajiyanto - detikNews
Minggu, 30 Des 2018 19:10 WIB
Foto: Istimewa/detikcom
Boyolali - Hujan dan badai melanda kawasan puncak Gunung Merbabu, di Jawa Tengah. Aktivitas pendakian mulai sore ini ditutup sementara.

"Ya sementara waktu akan kita tutup sesuai data BMKG," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Edy Sutiyarto, dihubungi detikcom melalui pesan singkat telepon seluler Minggu (30/12/2018) petang.

Kawasan puncak gunung Merbabu dilanda badai sejak sore kemarin dan hingga sore ini belum reda. Dari pantauan kamera CCTV yang dipasang di sabana 1, terlihat para pendaki sedang kemah disana. Angin terlihat bertiup kencang disertai hujan gerimis dan kabut.

Edy mengatakan, karena kondisi cuaca ekstrim tersebut, maka penutupan sementara jalur pendakian dilakukan mulai sore ini. Pihaknya mengimbau kepada calon pendaki untuk sementara tidak melanjutkan niatnya untuk mendaki sampai kondisi cuaca bersahabat.

"Ya karena kondisi sekarang sudah tidak bersahabat cuacanya, saya pikir lebih baik mulai sekarang juga (aktivitas pendakian ditutup sementara), agar tidak menimbulkan masalah yang banyak," ujar Edy.

Penutupan pendakian tersebut sampai cuaca sudah membaik dan bersahabat atau tidak membahayakan bagi pendaki.

Akibat cuaca buruk tersebut, sejumlah pendaki mengalami hipothermia dan mereka harus dievakuasi turun. Sejak tadi malam, relawan di Selo, Boyolali naik turun melakukan evakuasi. Bahkan ada yang pingsan.

"Untuk pendaki yang kena masalah/hipothermia sudah dievakuasi," jelasnya.
Semalam, relawan mengevakuasi dua pendaki melalui jalur Selo. Sedangkan ini tadi total 5 pendaki yang dievakuasi.

Sementara itu Kasubag TU BTNGMb, Johan Setiawan, mengatakan sudah menginstruksikan petugas di Selo dan jalur-jalur pendakian lainnya untuk menutup sementara calon pendaki sampai batas waktu yang belum ditentukan.



Simak juga video 'Bagaimana Cuaca Malam Tahun Baru? Ini Prediksi BMKG':

[Gambas:Video 20detik]

(bgs/bgs)