Cuaca Buruk, Penyeberangan Jepara-Karimunjawa Tutup

Wikha Setiawan - detikNews
Minggu, 30 Des 2018 18:56 WIB
Foto: Wikha Setiawan/detikcom
Jepara - Penyeberangan laut Jepara-Karimunjawa sementara waktu ditutup mengingat gelombang tinggi dan cuaca buruk di perairan Laut Jawa. Dua kapal yakni KM Siginjai dan KMC Expres Bahari tidak beroperasi sampai gelombang kembali normal.

Penutupan sementara itu berdasar atas surat edaran yang dikeluarkan PT Pelayaran Sakti Inti Makmur tanggal 30 Desember 2018. Calon Penumpang kedua kapal yang sedianya berangkat dari Jepara menuju Karimunjawa terpaksa harus batal atau menunda keberangkatan.

Direktur PT Sakti Inti Makmur (SIM) Express Bahari, Sugeng Riyadi menuturkan bahwa hari ini tinggi gelombang laut mencapai 2,5 meter dan kecepatan angin 10-25 knot.

"Demi keamanan dan keselamatan aktifitas penyeberangan Jepara-Karimunjawa off. Dikarenakan gelombang tinggi dan cuaca buruk," ujarnya kepada detikcom, Minggu (30/12/2018)

Penutupan tersebut, menurutnya, belum bisa dipastikan sampai kapan. Pihaknya masih menunggu informasi resmi dari BMKG berkait kondisi cuaca dan gelombang.

"Belum bisa dipastikan sampai kapan, menunggu informasi resmi kondisi laut normal," paparnya.

Sementara, Sindi (22) salah seorang calon penumpang KMC Expres Bahari terpaksa batal berangkat ke Karimunjawa.

"Tadi siang dapat informasi ada pembatalan keberangkatan kapal karena gelombang tinggi dan cuaca buruk. Terpaksa harus saya refund tiket yang sudab saya pesan," tuturnya.

Rencananya, Sindi akan menghabiskan waktu malam tahun baru di Karimunjawa.

"Mau malam tahun barunan di Karimunjawa. Sebenarnya sudah pesan tiket satu bulan lalu. Tapi harus batal," tandas dia.



Tonton juga video 'Gelombang Tinggi di Kepulauan Seribu, Banyak Kapal Bersandar':

[Gambas:Video 20detik]

(bgk/bgk)