DetikNews
Sabtu 29 Desember 2018, 13:47 WIB

Truk Tronton Remuk Tabrak Besi Pengaman Rel KA Jurug Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Truk Tronton Remuk Tabrak Besi Pengaman Rel KA Jurug Solo Truk tabrak portal jalan di Solo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Sebuah truk tronton bernomor polisi H 1692 FA menabrak besi pengaman rel kereta api (KA) di Jurug, Solo. Akibatnya, bagian kepala truk remuk dan rusak parah.

Kecelakaan serupa memang beberapa kali terjadi di lokasi tersebut. Truk menabrak besi karena melanggar batas ketinggian yang sudah ditentukan. Besi pembatas itu berfungsi sebagai pengaman agar truk tidak menabrak rel KA yang melayang.

Atas insiden ini, besi pembatas itu ambruk dan menimpa kepala truk. Beruntung, sopir truk, Ahmad Dinari tidak mengalami luka berat.

Peristiwa terjadi pada Sabtu (29/12/2018) sekitar pukul 05.00 WIB. Namun hingga siang ini, besi ambruk itu baru ditangani karena harus menunggu alat berat.


Kanit Laka Lantas Polresta Surakarta, Iptu Bambang Subekti telah mengevakuasi dan memeriksa sopir. Diduga karena waktu kejadian masih gelap.

"Mungkin masih gelap, jadi tidak kelihatan pembatasnya," kata Bambang kepada wartawan.

Truk tersebut dalam kondisi kosong karena akan mengambil barang di kawasan Grogol, Sukoharjo. Sopir memilih melewati jalur tersebut karena adanya pengaturan lalu lintas terkait Haul Habib Ali Al Habsyi di Pasar Kliwon, Solo.


"Jadi itu kosong, mau ambil barang dan mengantarkan ke Semarang. Biasanya dia tidak lewat situ. Karena ada Haul Habib Ali, dia inisiatif lewat Jalan Ir Juanda, tapi tidak tahu ada pembatas," tutupnya.
(bai/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed