Bukan di Laut, Ini Foto-foto Bawah Air Sumber Alami di Klaten

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 26 Des 2018 17:00 WIB
Umbul Ponggok di Polanharjo, Klaten. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Klaten - Semakin hari, semakin banyak objek wisata yang menawarkan fotografi bawah air atau underwater yang menarik. Salah satu pelopornya ialah Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Sekilas memang tidak ada yang menarik dari Umbul Ponggok. Kolam berukuran 50 x 25 meter ini terlihat seperti umbul lain yang airnya bersumber dari mata air alami.

Namun melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tirta Mandiri, umbul tersebut diberi sentuhan hingga memiliki nilai tambah. Kecantikan bawah air Umbul Ponggok pun cepat tersebar di dunia maya.


Beberapa sentuhan yang dilakukan antara lain dengan melepaskan ikan-ikan berwarna-warni ke dalam umbul. Selain itu, pengunjung bisa berfoto di bawah air menggunakan properti seperti sepeda motor dan televisi.
Bukan Foto di Laut, Ini Foto Bawah Air Sumber Alami di KlatenFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Pengunjung juga dapat menikmati keindahan dasar umbul dengan cara snorkeling, diving dan underwater walker. Beberapa wahana permainan anak-anak juga baru ditambahkan di sisi pojok kolam.

Tentunya ada biaya untuk menikmati setiap jenis fasilitas di Ponggok. Untuk masuk ke Umbul Ponggok, pengunjung harus membeli tiket seharga Rp 15 ribu per orang.


Peralatan snorkeling disewakan secara terpisah mulai dari harga Rp 7 ribu. Pengelola juga menyediakan jasa foto underwater dengan harga Rp 60 ribu per 30 menit untuk empat orang.

Sedangkan paket diving dihargai Rp 250 ribu untuk empat orang. Paket walker seharga Rp 150 ribu. Terdapat pula paket untuk pre-wedding mulai harga Rp 300 ribu.
Bukan Foto di Laut, Ini Foto Bawah Air Sumber Alami di KlatenFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Salah satu petugas di Umbul Ponggok, Gondrong, mengatakan sedikitnya ada 300 pengunjung di hari biasa. Sedangkan saat akhir pekan, pengunjung bisa mencapai 1.000 orang.

"Kalau libur panjang seperti ini bisa lebih ramai lagi. Paling minim itu 700 orang," katanya, Rabu (26/12/2018).


Adapun lokasi Umbul Ponggok dapat ditempuh sekitar 40 menit dari pusat Kota Solo ataupun dari Bandara Adi Soemarmo, Boyolali. Sedangkan dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta, perjalanan dapat ditempuh sekitar satu jam.

Yuuk.. liburan di Ponggok.



Simak juga video 'Kawasan Wisata Tanjung Lesung Tetap Buka Saat Tahun Baru':

[Gambas:Video 20detik]

(bai/mbr)