2 Kali Diguncang Gempa dalam Sebulan, Dieng Tetap Aman Dikunjungi

Uje Hartono - detikNews
Rabu, 26 Des 2018 14:09 WIB
Kawah di dataran tinggi Dieng (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara - Dataran tinggi Dieng diguncang gempa tektonik pada tanggal 10 dan 25 Desember 2018. Namun demikian, wisatawan tidak perlu khawatir. Semua objek wisata yang ada di kawasan tersebut dipastikan aman untuk dikunjungi.

"Semua objek wisata di Dieng aman untuk dikunjungi. Tidak ada pengaruhnya dengan gempa bumi karena titik gempa jauh dari Dieng," tegas Kepala UPT Dieng Banjarnegara Aryadi Darwanto kepada detikcom, Rabu (26/12/2018).


Aryadi menyebutkan, pada akhir pekan lalu jumlah wisatawan yang datang ke Dieng mencapai 21 ribu orang. Bahkan untuk malam tahun baru, semua homestay sudah penuh dipesan secara online.

"Semua homestay ternyata sudah penuh untuk malam pergantian tahun di Dieng. Sebagian besar sudah dipesan lewat online," kata dia.
Pascagempa Tektonik 2,6 SR, Dieng Tetap Aman DikunjungiCandi di dataran tinggi Dieng (Foto: Uje Hartono/detikcom)

Untuk malam pergantian tahun, Aryadi menuturkan tidak ada acara khusus di Dieng.


Kepala Desa Dieng Wetan, Wonosobo Mardi juga menyampaikan obyek wisata di Dieng aman untuk berlibur. Ia tidak memungkiri jika beberapa hari terjadi tanah longsor dan gempa bumi.

"Memang ada longsoran kecil tetapi langsung dibersihkan. Jadi tidak sampai mengganggu lalu lintas. Gempa juga kecil jadi tidak berdampak apa-apa," ujar dia. (mbr/mbr)