Sultan HB X Soal Nisan Salib Dipotong: Sudah Selesai

Usman Hadi - detikNews
Rabu, 19 Des 2018 14:20 WIB
Yogyakarta - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X menyatakan insiden pemotongan nisan salib di Makam Jambon Kotagede, Senin (17/12) lalu sudah selesai. Semua pihak menerima dengan keadaan yang ada.

"Enggak, enggak seperti itu. Kalau yang terjadi sudah diselesaikan sama Pak Wali Kota," ujar Sultan kepada wartawan di sela Dies Natalis ke-69 Universitas Gadjah Mada (UGM) di Grha Shaba Permana, Rabu (19/12/2018).


Sultan menjelaskan, insiden pemotongan nisan salib bermula saat ada warga di Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, meninggal dunia. Sementara mayoritas warga di sana adalah muslim.

"Dari pada ke Mrican, mereka sepakat untuk dimakamkan di situ (Makam Jambon). Terus ada kesepakatan, kan gitu saja," jelas Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini.

Sultan kembali menegaskan, persoalan pemotongan nisan salib sudah selesai. Meskipun akibat insiden tersebut muncul anggapan bahwa masyarakat Kotagede, Yogyakarta, dianggap intoleran.

"Ya itu (viralnya pemotongan nisan salib) konsekuensi karena diviralkan itu, yang sebetulnya enggak ada masalah," ucap Sultan menjawab pertanyaan wartawan terkait adanya anggapan warga Yogya tak lagi toleran. (asp/asp)