DetikNews
Selasa 18 Desember 2018, 12:55 WIB

Selama 2018 Ada 286 Warga Blora Terjangkit DBD, 5 Orang Meninggal

Arif Syaefudin - detikNews
Selama 2018 Ada 286 Warga Blora Terjangkit DBD, 5 Orang Meninggal Upaya fogging oleh petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Blora. Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Blora - Dinas Kesehatan Kabupaten Blora mencatat, sepanjang tahun 2018 ini 286 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi di wilayah ini. Sebanyak lima orang penderita di antaranya meninggal dunia.

Kasi pencegahan pengobatan penyakit menular pada Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Sutik menyebutkan ratusan penderita itu bukan hanya dari kalangan anak-anak, tapi juga menyerang kalangan dewasa.

"Hingga Desember tahun ini, tercatat sudah ada 286 kasus penderita DBD di Kabupaten Blora. Lima penderita meninggal dunia sementara lainnya menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit di Kabupaten Blora," kata Sutik saat kegiatan fogging di Desa Jeruk Kecamatan Jepon, Blora pada Selasa (18/12/18).


Sutik menyebutkan, kasus DBD tahun ini meningkat jika dibanding tahun sebelumnya. Dia mencatat pada tahun 2017 ada 107 kasus DBD dan satu orang meninggal dunia.

"Sebenarnya Fogging itu tidak bagus di masyarakat. Karena hanya membunuh nyamuk sementara. Perlu saya tegaskan, Fogging itu hanya membunuh nyamuk sementara, yang paling bagus adalah Abatesasi atau PSN dengan 3M, menutup, menguras, dan mengubur," paparnya.


Sutik menambahkan, di Kabupaten Blora sendiri setidaknya ada 40 desa yang endemik DBD. Kecamatan Blora kota menjadi daerah dengan tingkat penderita paling banyak.

"Mungkin karena di wilayah kota itu kan arus masyarakatnya ramai, jadi untuk penularannya lebih cepat," imbuhnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed