DetikNews
Kamis 13 Desember 2018, 22:40 WIB

Tebing Gunung Lio Brebes Longsor

Imam Suripto - detikNews
Tebing Gunung Lio Brebes Longsor Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Tebing di kawasan Gunung Lio, Pasirpanjang Kecamatan Salem, Brebes, mulai mengalami longsor. Kamis (13/12/2018) sore. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini, namun akses jalan sempat terputus.

Kawasan Pegunungan Lio merupakan salah satu lokasi yang termasuk zona merah. Pada awal tahun ini di bulan Februari lalu sempat longsor dan menewaskan 18 orang warga.

Tebing yang longsor sempat menutup badan jalan yang menjadi akses penghubung antara Kecamatan Banjarharjo dan Salem.

Longsor ini akibat guyuran hujan deras selama beberapa jam di kawasan tersebur. Akibatnya salah satu tebing mengalami longsor dan menimbun badan jalan. Tebing yang longsor sepanjang 30-an meteran.

Camat Salem, Nur Ari HY membenarkan adanya salah satu tebing yang longsor di lokasi tersebut. Lokasi longsor tidak jauh dari peristiwa longsor yang terjadi pada Februari lalu.

"Tadi akibat hujan di wilayah Salem, sekitar pukul 15.00 sampai 16.30. Terjadi longsor di tebing jalan lama pasca bencana salem Februari lalu. Tebing itu di Desa Pasirpanjang dan masuk zona merah," ujar Camat Salem saat dihubungi via telepon.

Setelah kejadian itu, puluhan warga bergotong royong menyingkirkan tanah yang menutup jalan. Mereka kerja sejak petang hingga malam ini agar akses jalan bisa dibuka lagi. Namun demikian pengguna jalan yang melintas di kawasan diimbau berhati-hati.

"Tidak ada korban jiwa maupun harta. Hanya saja masyarakat diminta tetap waspada terhadap segala kemungkinan terburuk," imbuhnya.

Seperti diketahui, bencana tanah longsor terjadi di kawasan tersebut dan menewaskan 18 orang pada Februari lalu. Pasca kejadian ini, pemerintah menetapkan beberapa lokasi sebagai zona merah rawan longsor.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed