Jangan Bingung! Kini di Stasiun Tugu Yogya Ada Toilet Portable

Usman Hadi - detikNews
Rabu, 12 Des 2018 20:39 WIB
Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Halaman Selatan atau zona 3 Stasiun Tugu Yogyakarta kini dilengkapi toilet portable. Hadirnya toilet ini untuk menjawab keluhan masyarakat yang kerap kesulitan mencari tempat untuk buang air kecil dan besar saat berada di Stasiun Tugu.

"Ini (toilet portable) merupakan bantuan buat para penumpang untuk bisa ke toilet, karena toiletnya katanya di sini kurang," ujar Dirut PT KAI, Edi Sukmoro, kepada wartawan usai meresmikan toilet portable di Stasiun Tugu, Rabu (12/12/2018) malam.

Sukmoro menjelaskan, pengadaan toilet portable di Stasiun Tugu Yogyakarta merupakan inisiatif PT KAI Daop 6 dan Balai Yasa Yogyakarta. Dia berharap keberadaan toilet portable kelak bisa diperbanyak lagi.


"Kalau kekurangan (toilet di stasiun) kita buat saja mobile seperti ini, karena materialnya ada kok. Ini (bahan toilet portable di Stasiun Tugu Yogyakarta) bekas, dari mobil bekas yang sudah tidak dipakai," ungkapnya.

Manager Humas PT KAI Daop 6, Eko Budiyanto, mengatakan selama ini toilet di Stasiun Tugu Yogyakarta hanya tersedia di zona 1 dan 2 yang lokasinya ada di dalam stasiun. Sementara zona 3 yang berada di halaman selatan belum dilengkapi toilet.


"Toilet itu di zona 3 itukan tidak ada. Karena apa tidak ada? Karena memang (toilet lama di zona 3) tidak terawat. Nah, PT KAI mencari jalan keluar agar toilet tetap terawat, tetap bersih, terus masyarakat yang ada di stasiun ini juga bisa buang air kecil," jelasnya.

"Akhirnya muncul ide toilet portabel yang bisa dipindahkan, toilet portabel yang bisa dirawat, ramah lingkungan, tidak bau, seperti toilet ramah lingkungan di kereta api. Makanya kita buat toilet portable ini," tutupnya. (bgs/bgs)