Utut Adianto Mengakui Berikan Uang Rp 150 Juta ke Bupati Tasdi

ADVERTISEMENT

Utut Adianto Mengakui Berikan Uang Rp 150 Juta ke Bupati Tasdi

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 12 Des 2018 15:03 WIB
(Foto: Ilustrasi oleh Andhika Akbarayansyah)
Semarang - Wakil Ketua DPR RI, Utut Adianto, datang ke Pengadilan Tipikor Semarang. Ia datang sebagai saksi dalam sidang kasus suap dengan terdakwa Bupati Purbalingga nonaktif, Tasdi.

Utut sebelumnya sudah dua kali dipanggil untuk menjadi saksi namun tidak hadir karena dinas ke luar negeri. Hari ini ia datang dengan berbatik dan celana hitam.

Di bangku pengunjung juga terlihat kader PDIP seperti Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto, serta ada juga Dede Indra Permana.


Dalam sidang dengan terdakwa Tasdi itu, Utut mengakui memberikan uang Rp 150 juta. Uang tidak diserahkan langsung namun melalui staf.

"Benar memberikan, tanggal tidak hafal," kata Utut, Rabu (12/12/2018).

Namun Utut menjelaskan uang tersebut merupakan uang pribadi yang diberikan kepada Tasdi selaku Ketua DPC PDIP Purbalingga. Uang itu merupakan wujud gotong royong untuk pemenangan Pilgub Jateng 2018 bukan dalam rangka kegiatan pemerintahan.

"Tahun ini ada Pilgub Jateng, beliau membuat raker, konsep di partai kami gotong royong. Ada yang urun kaos, ada yang urun sound system, ada yang urun lainnya. (Uang) Rp 150 juta saya berikan" ujarnya.


Keterangan Utut diakuinya tidak ada perubahan dari keterangan yang diberikan kepada penyidik KPK saat diBAP. Usai sidang, Utut dan para kader PDIP yang hadir langsung meninggalkan ruang sidang.

Untuk diketahui, Tasdi didakwa menerima suap Rp 500 juta terkait proyek Islamic Center tahap II di daerahnya. Selain itu ia juga didakwa gratifikasi dari berbagai pihak sebesar Rp 1,465 miliar dan USD 20 ribu.

Sementara itu nama Utut disebut dalam dakwaan Tasdi memberi Rp 150 juta kepada Tasdi pada Maret 2018. Hal itu juga pernah disebut oleh Tasdi saat menjadi saksi dalam sidang terdakwa lainnya. Tasdi juga menyebut uang dari Utut untuk kepentingan Pilgub.


Saksikan juga video 'Bupati Purbalingga Ditangkap KPK':

[Gambas:Video 20detik]

(alg/mbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT