Nanda, Bocah Solo Ini Juara Liga Karate Internasional di Belgia

bai - detikNews
Jumat, 23 Nov 2018 14:06 WIB
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Wajah ceria tampak dari wajah Nanda Putra Purnama (11) saat masuk ke halaman SD Al-Islam 2 Jamsaren, Solo. Bak pahlawan, dia terus dikerumuni dan diberi selamat oleh kawan-kawannya.

Nanda merupakan siswa kelas 5 SD Al-Islam 2 Jamsaren yang baru saja menjuarai liga karate tingkat internasional di Belgia. Dia menyapu dua medali emas untuk kategori kata dan kumite.

Nanda berbagi cerita tentang pengalamannya melawan karateka dari berbagai negara. Menurutnya, lawan-lawannya memiliki postur tubuh yang lebih baik darinya.

"Tinggi besar, selisihnya 60 cm. Tingginya seayah saya," kata Nanda saat ditemui detikcom di sekolahnya, Jumat (23/11/2018).
Ini Nanda, Bocah SD yang Juara Karate Internasional di BelgiaFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Meski demikian, Nanda mengaku sama sekali tak takut dengan lawannya. Terbukti, dia mengungguli 31 peserta lain yang berasal dari 15 negara.


"Sudah punya mental juara. Kalau latihan lawannya juga besar-besar," jawabnya polos.

Dalam ajang 3rd edition of International Karate Open of Province de Liege 2018 ini, Indonesia mengirimkan 18 peserta dari kelas SD, SMP dan SMA. Secara keseluruhan, Indonesia keluar sebagai juara ketiga.

Orang tuanya, Rohman Sidik Purnomo dan Nuryani Puji Lestari menjadi sosok penting di balik kemenangan Nanda. Sebelum mulai bertanding, Nanda selalu diingatkan melalui telepon untuk selalu berdoa.

"Kuncinya dua, yaitu membaca Al-Fatihah dan Al-Ikhlas. Selalu saya ingatkan setiap sebelum bertanding," kata Rohman.

Nanda mulai tertarik dengan karate sejak duduk di bangku taman kanak-kanak (TK). Sejak saat itu dia aktif mengikuti klub karate dan sering mengikuti perlombaan.

Rohman mengakui kegiatan anaknya ini membutuhkan banyak biaya. Meski demikian, pria yang bekerja sebagai penjual martabak ini tidak pernah mempermasalahkannya.

"Memang biayanya luar biasa, tapi buat anak tidak masalah. Kami selalu nabung agar bisa ikut pertandingan," ujar dia.

Hasilnya pun cukup memuaskan. Nanda berhasil menyabet 30-an piala dari berbagai ajang, mulai tingkat kota hingga gelar internasional pertamanya ini.

"Harapannya nanti dewasa bisa melanjutkan jadi atlet karate. Selain itu juga bisa melindungi adik-adiknya, keluarga," pungkasnya.



Ini Nanda, Bocah SD yang Juara Karate Internasional di Belgia
(bai/bgs)