DetikNews
Senin 19 November 2018, 19:55 WIB

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Landa Grobogan

Akrom Hazami - detikNews
Hujan Deras Disertai Angin Kencang Landa Grobogan Foto: Dok Warga/detikcom
Grobogan - Hujan deras disertai angin kencang kembali menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Senin (19/11/2018) sore sampai petang ini. Akibtnya sejumlah pepohonan tumbang, baliho roboh sampai rumah rusak dengan atap genting berjatuhan.

Sundoyo, warga Desa Teguhan Krajan RT 2 RW 3, Kecamatan Grobogan, mengatakan hujan deras disertai angin kencang melanda wilayahnya, sore tadi. Dampaknya, beberapa pohon tumbang, dan ada juga yang sampai menimpa rumah.

"Banyak pohon tumbang dan genting jatuh. Desa Teguhan Grobogan, serta wilayah sekitar," kata Sundoyo dihubungi detikcom melalui pesan pendek.

Menurutnya, saat kejadian itu memang sedang hujan dan angin bertiup kencang. Kejadian sekitar pukul 16.30 WIB. Di sekitar rumahnya ada sekitar 10 rumah yang rusak.

"Banyak yang rusak, kalau sekitar saya ada 10 rumahan, ini baru satu RT," imbuhnya.

Sementara kalau pohon tumbang di wilayahnya, lanjut Sundoyo, ada sekitar dua pohon. Sementara pohon pisang yang ada di sekitar pekarangan rumah warga lebih banyak yang roboh. Akibat peristiwa itu, di wilayahnya sampai saat ini listrik padam.

"Sampai sekarang listrik masih padam," tutupnya.

Sejak sore di beberapa wilayah Grobogan tengah turun hujan disertai angin kencang seperti di Pucang, Grobogan; Gendingan, Kuripan Getas Pendowo, Cingkrong, Purwodadi, Jalan Tendean, Pilang Payung, Kecamatan Toroh, Dusun Nggareh Desa Ngabenrejo dan lainnya.

Kepala Bagian Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Grobogan, Budi Prihantoro membenarkan hujan dari sore sampai petang tadi memang mengakibatkan kerusakan.

"Betul. Hujannya campur angin kencang. Ada pohon yang tumbang, baliho roboh sampai genting rumah terbang kena angin. Saya masih mengecek beberapa lokasi," kata Budi melalui telepon kepada detikcom.

Secara terpisah Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih menambahkan bencana angin kencang melanda wilayah setempat. Setidaknya lebih dari 25 unit rumah rusak akibat tersapu angin saat hujan turun.

"Ada dampak bencana angin lisus yang terjadi di Kecamatan Grobogan, Senin sore tadi," kata Endang kepada detik.com melalui pesan pendek.
BPBD mencatat, 25 unit rumah rusak dan satu roboh di Desa Ngabenrejo, Kecamatan Grobogan. Sebanyak 25 unit rumah rusak yaitu atap gentingya melorot. Sedangkan satu rumah roboh itu adalah milik Sugiyono di Dusun Ngareh RT 4 RW 4.

Rumah rusak lainnya di Desa Teguhan yaitu di Dusun Celep RT 01 RW 07. Selanjutnya, rumah rusak di Kelurahan Grobogan yaitu di lingkungan Pucang RW 3 dan RW 04. "Sebagian genting rumah milik warga rusak," tambah Endang.
Sementara ada belasan pohon tumbang yang tersebar di beberapa titik. "Untuk pohon tumbang di Nglejok,Kranggan ada 15 pohon, di Genuksuran, di jalan Gajahmada ada baliho roboh," katanya.

PMI Grobogan juga mencatat ada puluhan rumah rusak ringan yaitu genting berterbangan dan pohon tumbang di Desa Genuksuran, Kecamatan Purwodadi, Desa Pilangpayung Kecamatan Toroh, Desa Cingkrong Kecamatan Purwodadi, Desa Teguhan dan Kelurahan/Kecamatan Grobogan.

(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed