DetikNews
Kamis 15 November 2018, 16:51 WIB

Melihat Desa Sidomulyo Purworejo Jadi Kampung Tiblantas

Rinto Heksantoro - detikNews
Melihat Desa Sidomulyo Purworejo Jadi Kampung Tiblantas Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo - Polda Jateng membentuk Kampung Tertib Lalu-lintas untuk menekan angka kecelakaan. Kegiatan tersebut diterapkan di seluruh kabupaten/kota se-Jawa Tengah, salah satunya adalah di Purworejo.

Dari ratusan desa yang ada di Kabupaten Purworejo, telah dipilih satu desa untuk menjadi kampung tertib lalu-lintas yakni Desa Sidomulyo, Kecamatan Purworejo. Hal tersebut dikarenakan desa berpenduduk 7.438 jiwa dengan luas wilayah 253,526 hektare itu dinilai cocok dan memenuhi kriteria untuk merepresentasikan sebuah kampung yang tertib dalam berlalu-lintas.

Sebelum dipilih, petugas dari Satlantas Polres Purworejo berkoordinasi dengan kepala desa, camat, hingga dinas perhubungan melakukan kajian selama sekitar 2 bulan. Hasilnya, Sidomulyo terpilih menjadi Kampung Tertib Lalu-lintas yang akan mewakili Kabupaten Purworejo di tingkat Polda dan bersaing dengan kabupaten/kota lainnya se-Jateng.
Melihat Desa Sidomulyo Purworejo Jadi Kampung TiblantasFoto: Rinto Heksantoro/detikcom

"Untuk survei dan penelitian sekitar 2 bulan, akhirnya kami pilih desa ini untuk kami jadikan kampung tertib lalu-lintas. Harapannya ya tentunya memotivasi masyarakat untuk tertib berlalu-lintas," kata Kasat Lantas Polres Purworejo, AKP Nyi Ayu Fitria Facha yang ditemui detikcom di Desa Sidomulyo, Kamis (15/11/2018).

Tulisan 'Anda Memasuki Kampung Tertib Lalu-lintas' terpampang jelas pada gapura masuk desa. Berbagai gambar, spanduk dan himbauan yang bertuliskan kata-kata lucu juga berjajar rapi di sepanjang jalan kampung.

Tak hanya itu, fasilitas lain seperti ruang edukasi dan konsolidasi, balai kampung tertib lalu-lintas, rambu-rambu lalu-lintas, tempat ujian praktik pembuatan SIM yang terletak di halaman rumah warga dan fasilitas pendukung lainnya juga tersedia. Kampung ini kemudian akan dinilai oleh tim dari Ditlantas Polda Jateng.

Ketua tim penilai, Kompol Parno mengatakan bahwa tujuan dibentuknya kampung tertib lalu-lintas tersebut adalah untuk menekan jumlah kecelakaan. Di Jawa Tengah sendiri, angka kecelakaan pada tahun ini mengalami peningkatan.
Melihat Desa Sidomulyo Purworejo Jadi Kampung TiblantasFoto: Rinto Heksantoro/detikcom

Menurutnya tujuan utama adalah untuk menekan angka laka lantas. Tahun ini di Jawa Tengah meningkat sekitar 16 persen. Jadi yang kami nilai untuk kampung tertib lalu-lintas ini ada beberapa kriteria, di sini sudah ada semua seperti tempat baca sudah ada, balai sudah ada, tempat pertemuan sudah ada, untuk safety riding juga ada, marka jelas, papan atau spanduk himbauan sudah ada jadi sudah memenuhi kriteria," kata Parno di sela-sela kegiatan penilaian.

Penilaian dilakukan selama 3 hari. Untuk Jawa Tengah, nantinya akan diambil 3 kampung terbaik yang kemudian akan diikutsertakan dalam ajang serupa di tingkat nasional.

"Ya mudah-mudahan Sidomulyo ini nantinya bisa mewakili Jawa Tengah untuk maju dalam tingkat yang lebih tinggi yakni se-Indonesia," lanjutnya.

Tidak sekedar dilombakan, nantinya keberadaan kampung tersebut benar-benar diharapkan bisa menjadi contoh bagi kampung-kampung lainnya agar tetap tertib berlalu-lintas sehingga bisa mengurangi angka kecelakaan, bahkan sebisa mungkin tidak ada kasus kecelakaan kembali.


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed