DetikNews
Kamis 15 November 2018, 14:57 WIB

Empat Warga Kudus Keracunan Usai Santap Jamur

Akrom Hazami - detikNews
Empat Warga Kudus Keracunan Usai Santap Jamur Foto: Istimewa/detikcom
Kudus - Empat orang yang masih satu keluarga mengalami keracunan makanan jamur. Mereka mengkonsumsi jamur yang ditemukan ditumpukan jerami di sawah.

Saat ini, keempatnya masih menjalani perawatan di RSUD dr Loekmono Hadi Kudus. Mereka adalah Jamilin (64), Rukiyah (49), Elli Lusiana (23), dan Dessy Yunita (18). Mereka seluruhnya warga Desa Bae 05/04, Kecamatan Bae, Kudus.

Direktur RSUD dr Loekmono Hadi dr Abdul Aziz Achyar mengatakan pihaknya merawat empat orang dengan diagnosa awalnya keracunan.

"Empat orang masuk IGD dengan diagnosa awal keracunan," kata Aziz kepada wartawan di Kudus, Kamis (15/11/2018).

Saat ini mereka telah melewati masa kritis dan telah dipindah ke ruang Cempaka 2. Adapun barang bukti makanan jamur masih berada di rumah korban.
"Belum sempat dibawa karena orang rumah dirawat semua. Korban dibawa ke rumah sakit oleh warga," tambahnya.

Dari keterangan korban, kata dia, mereka tinggal dalam satu rumah. Pada Rabu pagi hari korban Jamilin seperti biasa ke sawah dan menemukan jamur jerami. Kemudian, korban mengambil dan siangnya dibawa pulang ke rumah.
Kemudian, pada Rabu sore hari pukul 17.00 WIB, jamur di masak dengan direbus bersama bumbu-bumbu seperti garam, bawang putih, cabe dan kecap. Jamur dimasak seperti membuat sayur membuat tumis.

"Setengah jam setelah dimakan, korban Jamilin, korban Rukiyah mual dan muntah saat pergi mengaji dan pulang duluan karena muntah. Diiikuti oleh kedua korban putrinya," ungkapnya menirukan keterangan korban.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed