Pemkot Setop Wahana Bianglala dan Kora-kora di Sekaten Yogya 2018

Usman Hadi - detikNews
Selasa, 13 Nov 2018 13:46 WIB
Insiden kabin bianglala terbalik di Yogya (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)
Yogyakarta - Pemkot Yogyakarta resmi menghentikan operasional 7 wahana bianglala dan 8 kora-kora di Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2018. Keputusan tersebut diambil menyusul insiden kabin bianglala terbalik pada hari Minggu (11/11) lalu.

"Kami putuskan bahwa untuk wahana bianglala dan kora-kora di area PMPS itu penyelenggaraannya dihentikan," kata Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, saat menggelar konferensi pers di Balai Kota Yogyakarta, Selasa (13/11/2018).


Haryadi menjelaskan, setelah insiden kabin bianglala terbalik pihaknya langsung berkoordinasi dengan Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Armaini. Hasilnya, tercapai kesepakatan agar wahana di sekaten dihentikan sampai PMPS 2018 berakhir.

"(Pertimbangannya) pada intinya adalah untuk menjaga ketenangan masyarakat dan harapan saya ini menjadi pemberitaan final di antara teman-teman semua," lanjutnya.

PMPS sendiri dilaksanakan tanggal 2-19 November 2018. Haryadi memastikan Pasar Malam Sekaten tetap akan digelar sampai selesai. Namun sejumlah wahana yang dinilai bisa membahayakan masyarakat dihentikan.

"Apa yang terjadi pada Hari Minggu tanggal 11 November di PMPS itu merupakan sinyal, peringatan kepada kita semua, bahwa masyarakat agar lebih berhati-hati lagi," ungkapnya.


Haryadi berharap operator wahana bianglala, wahana kora-kora, dan masyarakat memaklumi keputusan yang diambil Pemkot Yogyakarta. Dia juga berharap insiden ini tidak menjadi polemik berkepanjangan di tengah masyarakat.

"Sekali lagi saya mohon maaf kepada seluruh warga masyarakat Yogyakarta, masyarakat pengunjung setia sekaten dan juga operator tentunya," tutupnya.


Saksikan juga video 'Detik-detik Bianglala Sekaten Yogya Goyang dan Terbalik':

[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)