Insiden Bianglala Sekaten Yogya, Polisi Kumpulkan Pengelola Wahana

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 12 Nov 2018 10:02 WIB
Kabin bianglala terbalik. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Yogyakarta - Beberapa kabin salah satu wahana bianglala di Sekaten Yogyakarta terbalik semalam. Menindaklanjuti hal itu polisi memanggil semua pengelola wahana di Sekaten hari ini.

Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta, Kompol Sutikno, SIK mengatakan, bahwa setelah dilakukan penyelidikan, pihaknya tidak ditemukan unsur pidana terkait kejadian tadi malam. Namun untuk mencegah hal serupa terjadi, pihaknya tetap memanggil semua pengelola wahana permainan di Sekaten.

"Memang tidak ada unsur pidana dan tidak ada korban, tapi kan kasihan masyarakat, karena itu (Pengelola wahana permainan di Sekaten) dipanggil," katanya saat dihubungi detikcom, Senin (12/11/2018).

Menurut Sutikno, dikumpulkannya semua pengelola dan pemilik wahana permainan di Sekaten bukan tanpa alasan. Pihaknya pun akan memanggil pengelola dan pemilik wahana sesegera mungkin.

"Jadi untuk mengantisipasi kejadian serupa tak terulang lagi, pagi ini semua pengelola dan pemilik wahana (Permainan) di Sekaten dikumpulkan di Sat Intel, kita akan backup dengan Reserse, Iden maupun dari Polsek terkait izin keramaian," ujarnya.


Sebelumnya, salah satu wahana bianglala di Pasar Malam Sekaten Alun-alun utara sempat berhenti berputar. Hal itu menimbulkan kepanikan para penumpang bianglala, mengingat beberapa kabin wahana tersebut sempat terbalik.


Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, beberapa korban dilaporkan luka lecet.

Selain itu, Wali Kota Haryadi Suyuti juga akan memanggil panitia Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2018 untuk membahas insiden semalam.

"Hari ini baru mau saya undang (penitia sekaten). Baru mau saya panggil, saya mau lihat duduk perkaranya bagaimana dulu," ujar Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti kepada detikcom, Senin (12/11).


Haryadi mengatakan, dia sudah mendengar kabar kabin penumpang bianglala di Pasar Malam Sekaten terbalik tak lama setelah kejadian. Namun dia belum mendapat informasi secara detail terkait insiden ini.

"Saya baru mendengar dari WA teman-teman itu. Cuma kan saya belum tahu nih duduk masalahnya kenapa begitu lho. Artinya apakah itu (masalah) teknis atau lainnya," jelasnya. (sip/sip)