Polisi Minta Pengelola Wahana Terapkan Standar Keselamatan

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 12 Nov 2018 09:50 WIB
Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Yogyakarta - Polisi menginginkan semua pengelola dan pemilik wahana permainan di Pasar Malam Sekaten Alun-alun utara, Kota Yogyakarta untuk menerapkan standar keamanan wahananya. Hal itu agar masyarakat tidak trauma menaiki bilanglala dan terjaga keamanannya.

"Jadi nanti kita tegaskan (dalam pertemuan dengan pengelola dan pemilik wahana), biar kejadian tadi malam nggak terulang, semua wahana permainan harus ada standar kelayakan atau standar keselamatannya," ujar Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta, Kompol Sutikno, SIK saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Senin (12/11/2018).

Sutikno mengatakan pemberlakukan standar kelayakan dan keselamatan terhadap wahana permainan dinilai sangat penting. Hal itu untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali.

"Nanti mau dikoordinasikan juga, seperti dari pihak mana yang berwenang baik secara administrasi maupun operasional (untuk mengurus standar keselamatan dan kelayakan wahana permainan)," ucapnya.

"Sementara itu mungkin status quo aja untuk wahana permainan," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, beberapa kabin bianglala di Pasar Malam Sekaten Alun-alun utara tadi malam sempat terbalik karena bianglala berhenti secara tiba-tiba, Minggu (11/11/2018). Hal itu membuat Polisi mengumpulkan semua pengelola wahana permainan di Sekaten guna membahas kejadian tadi malam agar tak terulang kembali. (bgs/bgs)