ADVERTISEMENT

Kabin Bianglala Terbalik, Walkot Yogya Panggil Panitia Sekaten

Usman Hadi - detikNews
Senin, 12 Nov 2018 08:29 WIB
Kabin penumpang bianglala di Sekaten Yogyakarta terbalik. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Yogyakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta akan memanggil panitia Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2018. Panitia dipanggil untuk menjelaskan insiden kabin bianglala di Sekaten yang terbalik, Minggu (11/11) malam.

"Hari ini baru mau saya undang (penitia sekaten). Baru mau saya panggil, saya mau lihat duduk perkaranya bagaimana dulu," ujar Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti kepada detikcom, Senin (12/11/2018)

Haryadi mengatakan, dia sudah mendengar kabar kabin penumpang bianglala di Pasar Malam Sekaten terbalik tak lama setelah kejadian. Namun dia belum mendapat informasi secara detail terkait insiden ini.

"Saya baru mendengar dari WA teman-teman itu. Cuma kan saya belum tahu nih duduk masalahnya kenapa begitu lho. Artinya apakah itu (masalah) teknis atau lainnya," lanjut politikus Partai Golkar ini.


Adapun panitia Sekaten rencananya dimintai keterangan oleh Pemkot Yogyakarta siang ini. Sebagai penanggungjawab keamanan, panitia Aekaten akan dimintai keterangan.

"Masyarakat itu (pengguna bianglala) bayar, karena itu kan bayar jadi harus ada jaminan keamanan. Ini yang harus dilakukan," ungkapnya.


"Panitia saya minta ngecek semua terhadap keberadaan alat hiburan yang seperti itu. Karena panitia Sekaten ini lho yang menjadi, menjaga keamanan kan," pungkas Haryadi.


Diberitakan sebelumnya, beberapa kabin penumpang wahana bianglala Pasar Malam Sekaten di Alun-alun Utara Yogyakarta terbalik pada Minggu (11/11) malam. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, beberapa penumpang dilaporkan luka lecet. Polisi menyebutkan para penumpang berhasil dievakuasi. (sip/sip)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT