Begini Suasana Sekaten Yogya Pascainsiden Kabin Bianglala Terbalik

Ristu Hanafi - detikNews
Minggu, 11 Nov 2018 23:31 WIB
Kabin penumpang bianglala di Sekaten Yogyakarta terbalik. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Yogyakarta - Salah satu wahana bianglala di Pasar Malam Perayaan Sekaten Yogya mengalami insiden. Satu dari belasan kabin bianglala itu miring yang membuat panik penumpang di dalamnya.

Insiden yang terjadi sekitar pukul 20.00 itu sempat menarik perhatian para pengunjung Sekaten. Video peristiwa itu juga langsung viral di sejumlah akun media sosial.

"Informasi dari beberapa saksi, salah satu kabin berisi tiga orang. Mereka guyonan di atas, kabin jadi goyang-goyang dan kaitannya ngancing, miring," kata Kapolsek Gondomanan, Kompol I Nengah Lotama di lokasi kejadian, Minggu (11/11/2018).


Pantauan detikcom setelah kejadian, selain satu kabin yang berisi tiga penumpang itu, juga tampak dua kabin dalam posisi miring.

"Sepertinya mengenai kabin itu, posisinya saat ini terbalik karena pengelola mematikan mesinnya, dan beberapa petugas keamanan naik membantu penumpang turun. Jadi kabin dibalik, untuk mengeluarkan penumpang," jelasnya.


Saat berlangsungnya proses evakuasi memang sempat menjadi perhatian para pengunjung Sekaten. Mereka berkerumun untuk melihat dari jarak dekat.

Namun saat ini, situasi sudah kembali normal. Para pengunjung kembali berkeliling stan-stan pedagang, hiburan dan permainan yang disuguhkan dalam Sekaten. Wahana permainan lainnya beroperasional biasa dengan pengawasan petugas keamanan Sekaten.


Sedangkan bianglala yang mengalami insiden itu dihentikan operasionalnya. Terlihat wahana itu dipasangi garis pembatas memakai tali. "Kita masih akan selidiki sebetulnya apa penyebab insiden ini," imbuh Lotama. (sip/sip)