Umi Azizah Resmi Dilantik Jadi Bupati Tegal Gantikan Ki Enthus

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 05 Nov 2018 10:58 WIB
Pelantikan Bupati Tegal.Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melantik Umi Azizah sebagai Bupati Tegal. Umi dilantik menggantikan almarhum Ki Enthus Susmono, dan pada awal Januari 2019 akan dilantik kembali karena menang dalam pemilihan Bupati.

Enthus dan Umi merupakan Bupati dan Wakil Bupati Tegal periode 2014-2019. Keduanya kembali berpasangan dan mendaftar ke KPU untuk Pemilihan Bupati 2018. Namun Enthus wafat pada 14 Mei 2018 sebelum Pilkada sehingga Umi maju sebagai calon Bupati Tegal dan calon wakilnya adalah Sabililah Ardie. Paslon nomor urut 3 itu mendapat 518.017 suara atau 70,94 persen.

Setelah Enthus wafat, Umi menjadi plt Bupati Tegal dan hari ini dilantik sebagai Bupati definitif oleh Gubernur untuk menyelesaikan masa jabatannya. Pada Januari 2019 mendatang, Ganjar akan melantik Umi dan Ardie sesuai dengan hasil Pilkada.

Ganjar mengatakan dilantiknya Umi untuk menyelesaikan masa jabatan ini bisa menjadi kesempatan Umi untuk menyiapkan tahun 2019 dimana ia juga memimpin Kabupaten Tegal salah satunya soal APBD 2019.

"Ya ini untuk kesempatan menata 2019, baik untuk menata APBD, struktur organisai, sumber daya manusia, tata kelola yang baik. Ini bagus untuk menyiapkan pemerintahan selanjutnya," kata Ganjar usai acara pelantikan di gedung Gradhika Bakti Praja, Semarang, Senin (5/11/2018).


Selain itu Ganjar juga berpesan kepada Umi agar melanjutkan pembangunan yang dilakukan Enthus termasuk pendekatan-pendekatan kebudayaan yang kental dengan sosok dalang tersebut.

"Nilai-nilai ini harus diteruskan dengan ditambah tata kelola pemerintahan yang baik agar bisa lebih kencang lagi dalam memajukan daerah," tandasnya.


Menanggapi itu, Umi berjanji akan maksimal menjaga nilai-nilai yang dibangun Enthus dalam pemerintahan.

"Saya akan berusaha semaksimal mungkin. Saya juga akan menggunakan pendekatan kebudayaan seperti yang dilakukan Ki Enthus," kata Umi. (alg/sip)