DetikNews
Jumat 02 November 2018, 12:00 WIB

Ternak Diserang Predator, Warga: Masih Banyak Macan di Lawu

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Ternak Diserang Predator, Warga: Masih Banyak Macan di Lawu Hewan ternak dimangsa binatang buas di lereng Lawu. (Foto: Istimewa)
Karanganyar - Sejumlah hewan ternak di Tawangmangu, Karanganyar, mati diduga akibat serangan binatang buas. Anak Gunung Lawu (AGL), kelompok pemuda pecinta alam di Lawu, menduga kuat ternak itu diserang macan.

Ketua Anak Gunung Lawu (AGL), Rusdiyanto, mengatakan telah menerima informasi warga. Dia mengaku belum bisa memastikan hewan apakah yang menyerang kambing milik warga Desa Sepanjang, Tawangmangu.


Namun berdasarkan pantauan AGL selama ini, memang masih ada macan yang hidup di hutan Lawu. Sedangkan jenis harimau, dia menyebut kemungkinannya kecil.

"Teman-teman masih sering lihat macan, ada macan kumbang dan macan tutul. Kalau harimau katanya ada yang pernah lihat, tapi perlu dicek lagi," katanya dihubungi detikcom, Jumat (2/11/2018).

Selain macan, dia menyebut ada anjing hutan yang masih hidup di lereng Lawu. "Ada juga anjing hutan, tapi jarang," ujarnya.


Menurutnya, kondisi Lawu yang beberapa bulan terakhir mengalami kebakaran bisa saja membuat macan turun gunung. Selain itu, macan diperkirakan sulit menemukan makanannya.

"Kemarin kan habis kebakaran. Bisa juga karena banyak yang berburu celeng. Macan susah cari mangsa, akhirnya turun," tutupnya.
(bai/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed