Isi Kuliah Umum Bela Negara, Ini Pesan Menhan untuk Mahasiswa di Yogya

Usman Hadi - detikNews
Selasa, 30 Okt 2018 14:29 WIB
Menhan Ryamizard Ryacudu di UPN Veteran Yogyakarta. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, mengajak mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta menjaga kesatuan bangsa. Dia juga mengajak para mahasiswa untuk menjauhi paham radikal.

"Jauhi korupsi dan radikalisme demi kemajuan bangsa dan negara yang sangat-sangat kita cintai bersama ini," ucap Ryamizard.

Hal itu disampaikan Ryamizard saat dia mengisi kuliah umum dalam program 'pelatihan bela negara kepada 1200 dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan' di Auditorium UPN Veteran Yogyakarta, Selasa (30/10/2018).

Dalam paparannya, Ryamizard berpesan agar mahasiswa menjaga integritas dan karakternya. Kemudian dia berharap para mahasiswa juga dibekali wawasan kebangsaan yang utuh, sehingga tidak mudah terpecah belah.

"Pembukaan UUD 1945 harus dijaga, dan tidak boleh diubah sedikitpun. Karena pembukaan UUD 1945 mengandung amanat dan nilai-nilai mulia khas bangsa Indonesia," tuturnya.

Ryamizard menjelaskan, Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai macam suku yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Menurutnya, keberagaman ini merupakan salah satu pondasi bangsa ini.

"Bhinneka Tunggal Ika bangsanya, UUD 1945 landasan hukumnya, demokrasi adalah sistemnya, dan pancasila adalah dasar negaranya. Ini semua sudah final dan harga mati yang tidak boleh ditawar-tawar lagi," tutupnya. (sip/sip)