detikNews
Sabtu 27 Oktober 2018, 18:38 WIB

Mau Keliling Malioboro Yogya, Kini Tersedia Sepeda

Usman Hadi - detikNews
Mau Keliling Malioboro Yogya, Kini Tersedia Sepeda Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Kalian sedang berlibur di Malioboro Yogyakarta? Tenang, kini sudah ada jogjabike yang bisa dipakai untuk berkeliling di kawasan Malioboro Yogya. Fasilitas sepeda berbasis daring lokal 'jogjabike' ini lokasinya berada di ikon wisata Malioboro.

"Ini (Jogjabike) murni semuanya produk lokal Indonesia, dari mulai sepedanya, perangkat smartlock, sampai aplikasinya," kata salah satu penggagas Jogjabike, Muhammad Aditya di sela launching Jogjabike di Loko Cafe Yogyakarta, Sabtu (27/10).

Sebagai tahap awal pengelola jogjabike dan Pemkot Yogyakarta menyediakan 20 sepeda. Cara untuk memanfaatkan sepeda ini cukup mudah. Para wisatawan hanya perlu menginstal aplikasi jogjabike di play store pada smartphone miliknya.

Setelah mendownload aplikasi jogjabike tinggal registrasi dan login di aplikasi tersebut. Selanjutnya ketuk device pada stang sepeda hingga menyala, tunggu sampai muncul keterangan 'saya siap pindah QR'. Kemudian scan QR Code untuk unlock.

Usai unlock, sepeda yang ingin digunakan tinggal ditarik dari dock. Sepeda tersebut pun sudah siap dipakai untuk berkeliling di jalanan Malioboro. Selesai berkeliling, sepedanya bisa dikembalikan ke shelter terdekat, pilih dock yang kosong lalu locking.

Komisaris Jogjabike, Triyanto, menjelaskan secara kualitas aplikasi dan sepeda yang disiapkan tidak kalah dengan produk impor yang sudah ada di kota lainnya. Dia mengklaim jogjabike masih lebih unggul dibandingkan aplikasi di China maupun Singapura.
Mau Keliling Malioboro Yogya, Kini Tersedia Sepeda Foto: Usman Hadi/detikcom

"Dari sisi spesifikasi sepeda, ini khas Jogja. Untuk ontelan matic, tidak berat dan ringan, pas dengan kontur Kota Yogya yang mayoritas jalanannya rata," ujarnya.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengapresiasi hadirnya jogjabike tersebut. Menurutnya, kehadiran jogjabike bisa menjadi destinasi wisata baru di Kota Yogyakarta. Selain itu, jogjabike juga bisa memperkuat konsep smart city di Yogyakarta.

"Semoga dengan adanya bike sharing ini semakin menambah opsi dan menarik wisatawan ke Kota Yogya" tuturnya.

Gratis Sampai Akhir Tahun

Penggagas Jogjabike, Muhammad Aditya menjelaskan bahwa penggunaan jogjabike ini tanpa dipungut biaya alias gratis sampai akhir tahun. Para wisatawan hanya tinggal menginstal aplikasi jogjabike untuk memakai sepeda.

"Untuk sementara free sampai akhir tahun tahun, karena saat ini masih dalam tahap uji coba. Untuk ke depannya berbayar, namun nominalnya berapa masih kita lihat nanti. Tapi untuk sekarang masih gratis kok," jelasnya.

Sementara waktu, lanjut Aditya, pihak pengelola jogjabike baru menyediakan 20 unit sepeda. Pihaknya menargetkan hingga akhir tahun 2019 sudah ada 1.000 sepeda yang tersedia di shelter sepanjang Jalan Malioboro.

"Ini karena masih tahap awal sepedanya bisa dipakai dari jam 09.00-21.00 WIB. Untuk shelternya sementara ada di empat titik, di Loko Cafe, depan Malioboro Mall, depan Kantor Kepatihan, dan depan Museum Vredeburg," tutupnya.


(bgs/bgk)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com