Warga Diimbau Tak Perlu Takut Bersaksi Kasus Pantai Baru Bantul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 25 Okt 2018 19:59 WIB
Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Bantul - Prihatin dengan perusakan persiapan sedekah laut di Pantai Baru, Srandakan Bantul beberapa waktu lalu, warga menggelar upacara labuhan mantra sakti untuk Nuswantoro di Pantai Parangkusumo, Kretek, Bantul, Kamis (25/10/2018) sore.

Warga berharap kejadian di Pantai Baru tak terulang kembali. Warga pesisir juga diharapkan tidak takut melakukan kegiatan budaya. Mereka juga tidak perlu takut adanya ancaman dan intimidasi bila menjadi saksi.

Pembina Gerakan Masyarakat Yogyakarta Melawan Intoleransi (Gemayomi), MY Esti Wijayati mengatakan, pasca kejadian di Pantai Baru pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan pihak berwajib. Ia mendapatkan laporan warga sekitar Pantai Baru diliputi rasa takut yang diduga karena ada tekanan.
Warga Diimbau Tak Perlu Takut Bersaksi Kasus Pantai Baru BantulFoto: Pradito Rida Pertana/detikcom

"Kami menangkap memang ada sebuah rasa takut di dalam hati mereka sehingga mereka menganggap atau memilih lebih baik tidak bersaksi. Saya kira hal seperti ini harus kita sikapi dengan serius," katanya usai mengikuti acara labuhan di Pantai Parangkusumo, Kamis (25/10/2018).

Menurutnya, hal tersebut dapat memicu masyarakat untuk tidak menggelar sedekah laut atau acara budaya lainnya. Padahal, kegiatan yang dilakukan masyarakat pesisir Pantai itu merupakan kegiatan yang telah berlangsung secara turun-temurun.

"Saya sempat ke pantai, mereka memang punya rasa kegelisahan dan khawatir jika mereka melakukan labuhan akan terjadi lagi peristiwa seperti itu," ujarnya.

"Karena itu masyarakat tidak akan kita biarkan untuk takut melakukan hal-hal yang sebenarnya sudah dilakukan selama ini sebagai ritual budaya. Kan doa yang kita panjatkan ditujukan kepada Tuhan, hanya caranya saja yang mungkin berbeda," katanya.

Ia menginginkan pihak berwajib untuk segera mengungkap kasus tersebut. Sehingga ke depannya peristiwa seperti yang terjadi di Pantai Baru tidak terjadi lagi di Yogyakarta.

(bgk/bgk)