DetikNews
Minggu 21 Oktober 2018, 11:28 WIB

Aksi Muda-mudi Solo Ajak Warga di CFD Ikut Indonesia Menari 2018

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Aksi Muda-mudi Solo Ajak Warga di CFD Ikut Indonesia Menari 2018 Aksi muda-mudi Solo ajak warga Solo ikuti Indonesia Menari.Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Puluhan pemuda beraksi mempertunjukkan kemampuan mereka menari di car free day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Solo. Musik menghentak dan gerakan energik mereka mampu membuat masyarakat terpukau.

Yang menarik dari tarian mereka ialah memadukan gerakan-gerakan tari tradisional dengan tari modern ala hiphop. Musik pengiringnya pun lagu-lagu daerah yang sudah diaransemen menjadi lebih meriah, seperti Yamko Rambe Yamko dan Jaranan.

Aksi para pemuda tersebut merupakan ajakan kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam Indonesia Menari yang akan kembali digelar 11 November 2018. Indonesia Menari akan digelar serentak di empat kota, yakni Solo, Jakarta, Bandung dan Semarang.

"Indonesia Menari ini rutin digelar Bakti Budaya Djarum Foundation (BBDF) sejak 2012. Kegiatan ini mengajak masyarakat menunjukkan kemampuan mereka menari dan memperebutkan total hadiah Rp 300 juta," kata pelaksana kegiatan, Adi Mardianto sesuai acara, Minggu (21/10/2018).

Aksi muda-mudi Solo ajak warga Solo ikuti Indonesia Menari.Aksi muda-mudi Solo ajak warga Solo ikuti Indonesia Menari. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Acara nantinya akan digelar di The Park Mall Solo Baru. Di Solo, panitia menargetkan 1.200 peserta mengikuti aksi menari ini. Sedangkan secara nasional, dia memperkirakan ada 4.500 peserta yang ikut menari.

Pendaftaran saat ini telah dibuka sejak 25 September 2018. Pendaftaran ditutup 4 November 2018 atau hingga kuota terpenuhi.

"Nanti pelaksanaan Indonesia Menari ini akan dilakukan serempak. Ribuan peserta ini akan bersama-sama menari dengan musik dan gerakan yang sama seperti yang kita mainkan tadi. Jadi peserta nanti akan memenuhi seluruh penjuru mal," ujarnya.

Aksi muda-mudi Solo ajak warga Solo ikuti Indonesia Menari.Aksi muda-mudi Solo ajak warga Solo ikuti Indonesia Menari. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Melalui Indonesia Menari 2018, pihaknya berharap agar kebudayaan Indonesia terus tumbuh di setiap masa. Masyarakat juga diharapkan dapat mencintai seni tari, meskipun bukan penari.

"Kita ingin masyarakat ikut menari. Jadi tidak hanya penari yang boleh menari, semua orang bisa menari. Mari kita gerakkan badan untuk menari," tutupnya.
(bai/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed