DetikNews
Sabtu 20 Oktober 2018, 13:26 WIB

Jokowi Bicara Soal Hoax yang Terpa Dirinya kepada Santri

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jokowi Bicara Soal Hoax yang Terpa Dirinya kepada Santri Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Presiden Joko Widodo bicara soal hoax dan fitnah yang sering muncul jelang pemilihan umum. Ia pun memberitahu sikapnya terhadap hoax yang kerap menyasar dirinya.

Di hadapan ratusan santri Pondok Pesantren Al Itqon Pedurungan Semarang, Jokowi mengatakan setiap ada pemilihan baik kepala daerah maupun presiden maka akan muncul hoax dan fitnah terutama di media sosial.

"Jelang pemilihan walikota, pemilihan bupati, gubernur, presiden, yang namanya di medsos bertebaran hoax, fitnah, saling mencela. Itu bukan tata krama Indonesia, bukan etika Indonesia, bukan etika Islami kita," kata Jokowi, Sabtu (20/10/2018).

Jokowi juga menceritakan beberapa hoax yang pernah menimpa dirinya yaitu terkait isu PKI pada jelang Pilpres 2014 lalu. Ia mengaku menanggapinya dengan biasa saja.

"Saya udah 4 tahun urusan begitu. Saya biasa-biasa saja, tapi apakah itu pendidikan yang baik? Mencela dan memfitnah. Sejak 2014, presiden Jokowi PKI, coba. PKI itu dibubarkan tahun 65, 66 saya lahir tahun 61. Masa umur baru 4 sudah aktifis PK masa ada PKI balita," ujarnya.

Selain itu Jokowi juga mengaku heran dengan banyaknya hoax meski tindakan hukum sudah dilakukan. Ia mencontohkan kasusnobir rakyat dan saracen yang sudab bergulir ke proses hukum.

"Dulu ada obor rakyat, saracen masuk penjara. Ini masih ada ribuan. Apakah tidak ada hal yang lebih baik? Jadi saya titip untuk jaga kerukunan kita karena aset terbesar kita persatuan dan kerukunan," ujarnya.

Ketua Yayasan Al-Wathoniyah dari Ponpes Al Itqon, KH Ubaidullah Shodaqoh juga mengaku bangga dengan sikap presiden meski diterpa banyak hoax dan fitnah.

"Kami bangga meski banyak fitnah dan rintangan beliau tetap sabar dan lembut kasih sayang kepada rakyatnya. Ini kehormatan baru pertama kali ada presiden ke sini," katanya.

Jokowi hari ini melakukan kunjungan kerja ke Semarang. Selain ke Ponpes Al Itqon sebelumnya Jokowi sempat mampir ke Pasar Karangayu untuk menyapa pedagang dan warga. Siang ini Jokowi memberikan pengarahan pada caleg dapi se-Jateng dan kemudian akan bertemu dengan tim pemenangan pilpres di kantor DPD PDIP Jateng.


Saksikan juga video 'Ada 1.000 Berita Hoax Selama Masa Kampanye Pemilu':

[Gambas:Video 20detik]


(alg/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed