DetikNews
Sabtu 20 Oktober 2018, 10:56 WIB

Polisi Gelar Rekonstruksi Kasus Pencemaran Air PDAM Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Polisi Gelar Rekonstruksi Kasus Pencemaran Air PDAM Solo Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Aparat Polda Jawa Tengah menggelar rekonstruksi kasus pencemaran air PDAM Surakarta. Rekonstruksi dilakukan di lokasi pabrik terduga pencemar air, Jalan Adi Soemarmo, Banyuanyar, Solo, Sabtu (20/10/2018).

Polisi memulai reka ulang kejadian sekitar pukul 10.00 WIB. Adegan pertama dimulai di rumah warga yang terletak di belakang pabrik kimia tekstil tersebut (sebelumnya ditulis pabrik cat).

Adegan tersebut menunjukkan warga yang membuka keran air yang berwarna merah. Warga itu lalu mengeceknya ke rumah tetangga dan melaporkan ke PDAM.

Adegan dilanjutkan dengan pengecekan kondisi selokan oleh saksi. Selokan tersebut mengarah ke pabrik bernama PT Mahkota Citra Lestari itu.

Selama rekonstruksi, lalu lintas di depan pabrik berjalan seperti biasa. Proses pembangunan di dalam pabrik pun tetap berlangsung.

Seperti diberitakan, warga Banyuanyar, Solo, mengeluhkan air PDAM berwarna merah. Setelah diselidiki selama dua pekan, PDAM menemukan sumber pencemaran berasal dari pabrik kimia tekstil pada Selasa (16/10) malam.

Pegawai pabrik diduga menyambungkan saluran limbah pabrik ke pipa air PDAM. Pihak PDAM akhirnya melaporkan peristiwa ini ke Polresta Surakarta, Rabu (17/10).


Saksikan juga video 'Ada 'Air Sirup', PDAM Bandung Langsung Bergerak':

[Gambas:Video 20detik]


(bai/bai)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed