DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 21:15 WIB

Cerianya Warga Gedangsari Gunungkidul dapat Bantuan Air Bersih

Pradito Rida Pertana - detikNews
Cerianya Warga Gedangsari Gunungkidul dapat Bantuan Air Bersih Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Gunungkidul - Warga Desa Hargomulyo Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul pada musim kemarau tahun ini juga mengalami krisis air bersih. Mereka sudah lama menantikan adanya bantuan air bersih.

Saat ada bantuan droping air bersih, warga RT 3/RW5, DusunJetis, Hargomulyo, menyambut gembira. Mereka tampak sumringah ketika satu unit truk tangki air milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul datang untuk melakukan droping air bersih. Pasalnya mereka sudah berbulan-bulan tidak mendapat droping air bersih.

Saat truk tangki air tiba, warga langsung mengerumuni sebuah sumur yang jadi tempat penampungan air. Warga membawa ember dengan berbagai ukuran serta jeriken berkapasitas 25 liter. Semua itu dilakukan untuk mengambil 5 ribu liter air bersih dari BPBD Gunungkidul yang dialirkan ke sebuah sumur milik salah satu warga.

"Dengar suara air nggerojok (mengalir dari ketinggian) rasanya senang," ucap Tuwuh Cahyono (43) saat ditemui di tempat pengambilan air di RT 3/RW5, Jetis, Hargomulyo, Gedangsari, Gunungkidul, Jumat (19/10/2018).
Cerianya Warga Gedangsari Gunungkidul dapat Bantuan Air BersihFoto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Tuwuh menjelaskan, rasa senangnya itu muncul karena setelah beberapa bulan baru dapat menikmati air bersih dari dropping. Meski diakuinya bahwa beberapa bulan sebelumnya warga pernah mendapat dropping air bersih. Namun setelah itu belum ada lagi.

"Musim kemaraunya sudah sekitar 6 bulan dan baru 2 kali ini dapat droping air," ucapnya.

"Biasanya kalau dapat ini bisa untuk 3 minggu kalau diirit-irit. Kalau habis ya ngambil lagi ke sungai, sama minta untuk droping lagi," lanjutnya.

Ditambahkannya, air yang didapatkannya ini nantinya dibagi untuk 5 kepala keluarga (KK). Pembagian air tersebut dengan cara mengambilnya di sebuah sumur milik salah seorang warga RT 3/RW5, Jetis, Hargomulyo, Gedangsari, Gunungkidul sesuai dengan keperluannya masing-masing.
Cerianya Warga Gedangsari Gunungkidul dapat Bantuan Air BersihFoto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Rasa senang mendapatkan droping air bersih juga ditunjukkan oleh Yahmini (29). Diungkapkannya, bahwa air bersih tersebut nantinya akan dipergunakan untuk keperluan sehari-hari.

"Sebisa mungkin diirit-irit, karena kadang tidak sampai 3 minggu sudah habis. Kalau bisa seember dibagi-bagi (untuk mandi)," ucapnya.
(bgk/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed