DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 15:16 WIB

Polisi Periksa Pemilik Pabrik yang Diduga Cemari Air PDAM Solo

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Polisi Periksa Pemilik Pabrik yang Diduga Cemari Air PDAM Solo Air PDAM Solo semerah darah (Foto: Istimewa)
Semarang - Kasus limbah pabrik cat yang cemari air PDAM Surakarta terus didalami Dit Reskrimsus Polda Jateng. Sebanyak 6 saksi diperiksa, termasuk pemilik pabrik cat tersebut. 10 Barang bukti juga telah diamankan

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Triatmaja, mengatakan ada 2 fakta yang diperoleh dari pemeriksaan PT Mahkota Citra Lestari.

"PT tersebut telah membuang limbah sisa pencucian alat produksi pembuatan bahan kimia tekstil ke saluran PDAM. Kedua, tidak mempunyai IPAL dan tidak mempunyai izin lingkungan," kata Agus, Jumat (19/10/2018).


Ada 10 barang bukti yang diamankan yaitu sampel air limbah yang sedang diuji lab, pipa ukuran 3/4', pompa air, 4 drum berisi cairan kimia, 5 drum bekas pengolahan warna, 2 dandang untuk mewarna, timbangan elektrik, kompor gas, tabung gas, dan mikser.

"Pencemaran diduga disebabkan oleh pihak PT MCL dengan membuang limbah cair hasil dari pencucian alat reproduksi pembuatan bahan kimia tekstil melalui pipa pabrik yang disambung pipa PDAM," jelasnya.

Sementara itu ada 6 saksi yang diperiksa oleh kepolisian terkait kejadian itu salah satunya pemilik berinisial K. Meski demikian belum ada yang ditetapkan tersangka.

"Memeriksa 6 saksi yaitu K selaku direktur atau pemilik, Intan Rohmawati selaku staf admin, Kasmungi sebagai kepala produksi, Supriadi pekerja bangunan, Tri Atmojo (Direktur Teknik PDAM Surakarta), dan Bayu (petugas PDAM Surakarta)," papar Agus.


Langkah selanjutnya, polisi akan memeriksa saksi dari Dinas Lingkungan Hidup Surakarta kemudian melakukan rekonstruksi di TKP hari Sabtu (20/10) besok.

"Ketiga, akan gelar perkara peningkatan tersangka, melengkapi mindik, dan meminta keterangan ahli hukum lingkungan," ujarnya.




Tonton juga 'Kali Bekasi Tercemar Limbah, PDAM Tak Bisa Berbuat Banyak':

[Gambas:Video 20detik]


(alg/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed