DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 12:30 WIB

Kecewanya Siswa-siswa Gagal Ketemu Jokowi di Masjid Agung Jateng

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kecewanya Siswa-siswa Gagal Ketemu Jokowi di Masjid Agung Jateng Suasana Masjid Agung Jawa Tengah siang ini. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Presiden Joko Widodo rencananya akan melaksanakan Salat Jumat di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) hari ini. Ternyata Jokowi batal datang dan siswa-siswa SMP yang sudah terlanjur siap menyambut kecewa.

Dari pantauan detikcom di MAJT, Jalan Gajah Raya, Semarang, sejak sekitar pukul 10.00 WIB siswa-siswa SMP berseragam pramuka dan aparat baik kepolisian dan TNI sudah ada di sekitar MAJT.

Para siswa itu membawa bendera kecil dan terlihat sumringah. Namun pukul 11.00 WIB terdengar kabar kalau presiden tidak jadi datang, mereka pun kecewa.

"Lah, nggak jadi datang? Kita di sini sudah dari jam 10.00, pingin ketemu Pak Jokowi," kata salah seorang siswa, Raditya, Jumat (19/10/2018).

Mendengar kabar itu, sebagian besar siswa memilih meninggalkan MAJT dan akan Salat Jumat di sekolah mereka yang tidak jauh dari lokasi.

"Ya pulang saja, salat di sekolahan," ujarnya.

Sementara itu Sekretaris DPP MAJT, Muhyiddin mengatakan rencana kedatangan presiden sebenarnya sudah cukup matang meski pemberitahuan akan datangnya presiden memang baru diketahui hari Kamis kemarin. Protokoler dan paspampres sudah datang untuk persiapan.

"Maka kami siapkan. Kemarin Jam 10.00 protokoler presiden sudah ke sini. Jam 12.00 tim paspampres hadir, dan itu meyakinkan ada rencana," kata Muhyiddin.

Namun menjelang pukul 11.00 WIB hari ini ada informasi Jokowi masih ada keperluan di Bali untuk wawancara dengan stasiun TV sehingga akan salat Jumat di Bali.

"Jam 11.00 kurang ada info ke paspampres bapak presiden salat Jumat di Bali," tandasnya.

Ini kali kedua Presiden Jokowi batal hadir ke MAJT pada Idul Adha lalu. Namun kala itu batal karena Jokowi Salat Id di Jawa Barat. Muhyiddin menjelaskan kalau dua acara itu berbeda.

"Dulu bapak Jokowi kami minta Salat Idul Adha, proses berjalan H-1, H-2 ada info harus Salat di Jawa Barat, dulu bukan program Kepresidenan, tapi usulan kami. Kali ini program dari sana," jelasnya.

Meski sudah terlanjur senang akan dikunjungi presiden dan ternyata tidak jadi, Muhyiddin tetap memaklumi karena kepadatan aktivitas presiden.

"Menurut saya maklum, lah. Kami sesungguhnya sudah siap dan seneng. Yah, mungkin lain kali," pungkas Muhyiddin.

Rencananya sore nanti Jokowi tetap akan tiba di Jawa Tengah dan megunjungi Pondok Pesantren Girikusumo, Mranggen, Demak. Dan hari Sabtu besok akan mengunjungi Ponpes Al Itqon, Pedurungan kemudian menghairi acara internal partai.
(alg/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed