DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 10:41 WIB

Bangsawan Kelantan Serahkan Rp 900 Juta untuk Situs di Demak

Wikha Setiawan - detikNews
Bangsawan Kelantan Serahkan Rp 900 Juta untuk Situs di Demak Yang Mulia Megah Seri Raja Datu Tuan Raja Azhar menyerahkan uang tunai Rp 900 juta untuk Masjid Kadilangu dan Makam Sunan Kalijaga. Foto: Wikha Setiawan/detikcom
Demak - Bangsawan dari Kelantan Malaysia telah menggenapi bantuan uang untuk Makam Sunan Kalijaga dan Masjid Kadilangu, Kabupaten Demak. Bantuan tersebut diberikan secara tunai kepada masing-masing perwakilan dari pengelola makam dan masjid.

Bangsawan Kelantan, Malaysia yang diwakili Yang Mulia Megah Seri Raja Datu Tuan Raja Azhar menyerahkan uang tunai Rp 900 juta untuk Masjid Kadilangu dan Makam Sunan Kalijaga di Hotel Amantis Kabupaten Demak, Kamis (18/10/2018) malam.

Pada Idul Adha lalu, bangsawan Malaysia melalui Yayasan Kesultanan Raja Sakti At Thomim Al Akbar Sunan Kalijaga telah menyerahkan bantuan untuk pengurus Masjid Kadilangu dan Makam Sunan Kalijaga.

"Seluruh bantuan sudah kami serahkan kepada pengelola Makam Sunan Kalijaga dan Masjid Kadilangu. Masing-masing Rp 900 juta, sehingga total masing-masing Rp 1 miliar," ujar Yang Mulia Megah Seti Raja Datu Tuan Raja Azhar kepada wartawan usai acara.

Untuk pengelolaan uang bantuan tersebut sepenuhnya kepada masing-masing penerima. "Sedangkan untuk pengawasan, kita akan kirim wakil ke Demak untuk memantau penggunaannya kemudian melaporkannya ke ayahanda perkembangannya. Dari kami tidak ada intervensi," imbuhnya.

Panembahan Ahli Waris Sunan Kalijaga Raden Rahmad mengaku akan menggunakan bantuan dari keluarga bangsawan Malaysia untuk memperbaiki atap Masjid Kadilangi dan merenovasi Makam Sunan Kalijaga.


"Rencananya akan digunakan untuk mengganti atap atau sirap Masjid Kadilangu yang membutuhkan biaya sekitar Rp2 miliar sehingga nanti kalau bantuan untuk renovasi Makam Sunan Kalijaga masih ada sisa akan dialihkan untuk memperbaiki masjid," katanya.

Menurut pria yang akrab disapa Mbah Rahmad itu, pelaksanaan perbaikan Masjid Kadilangu dan Makam Sunan Kalijaga akan dilakukan dalam waktu dekat serta dikerjakan oleh tenaga-tenaga internal. Namun dia berjanji prosesnya akan tetap bisa dipertanggungjawabkan.


"Saya sebagai penanggungjawab saja, yang melaksanakan biar yang muda-muda. Tapi yang jelas penggunaan bantuan dilakukan secara transparan serta dapat dipertanggungjawabkan," tandas Rahmad.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed