DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 10:18 WIB

Ada Truk Tabrak Kantor Bank di Kudus, Arus Lalin Pantura Tersendat

Akrom Hazami - detikNews
Ada Truk Tabrak Kantor Bank di Kudus, Arus Lalin Pantura Tersendat Badan truk yang ringsek karena menabrak kantor bank. Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Kecelakaan truk terjadi di Jalan Raya Pantura Kudus-Pati, Jawa Tengah. Truk fuso yang memuat batu bara menabrak kantor BRI Pasar Bareng.

Peristiwa ini terjadi tepatnya di depan Pasar Bareng, Jekulo, Kudus, Jumat (19/10/2018) dini hari tadi. Truk bernopol D 9809 AG ringsek karena menabrak bangunan bank. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Salah seorang aksi mata Andi, warga Bulungcangkring, Kudus, menyebutkan kecelakaan truk itu terjadi pada Jumat sekitar pukul 03.30 WIB.

"Sekitar jam 03.30 WIB kecelakaan terjadi. Saya berada di lokasi saat jelang kejadian," kata Andi kepada wartawan di lokasi kejadian.

Menurut Andi, truk semula melintas dari arah barat (Jakarta) ke timur (Surabaya). Andi saat itu sedang mengendarai pikap bermuatan sayur. Dia mengaku sempat melihat truk dan disalipnya di perempatan Krawang sekitar 200 meter dari lokasi kejadian.

Andi berniat membongkar muatan sayur di Pasar Bareng. Setibanya Andi di depan pintu Pasar Bareng, dia mendengar suara keras. Begitu didekatinya, ternyata truk yang disalipnya tadi menabrak bangunan kantor BRI Pasar Bareng di sisi selatan Jalan Pantura.

"Saya dengar suara keras sekali saat mau bongkar muatan sayur. Saya datangi ke sumber suara ternyata truk yang saya salip tadi nabrak," terang Andi.

Truk itu menabrak bangunan kantor BRI bagian depan. Dengan posisi kepala truk sedikit terguling dan bak truk miring. Sedangkan tembok dan pintu kantor BRI bagian depan ambrol. Sebagian besar muatan batubara tumpah ke permukaan jalan dan di depan bangunan.

"Saya lihat sopirnya bisa keluar dari truk. Kata sopir, dia ngantuk. Kenek dan sopir selamat," ungkapnya.

Pantauan di lokasi, sejumlah polisi siaga di lokasi dan mengatur arus lalu lintas. Satu alat berat terlihat memindahkan muatan batubara yang tumpah di jalan ke bak truk pengganti. Banyaknya muatan yang tercecer memakan waktu lama.

Setelah agak bersih, alat berat itu mengevakuasi truk nahas. Sampai pukul 09.30 WIB, proses evakuasi truk masih berlangsung. Polisi memberlakukan sistem buka tutup untuk mengatur arus lalu lintas.

Sopir diketahui bernama Asep Amin warga Sumedan, Jawa Barat dan kenek Dede Saifudin warga Dusun Rencanamukti, Kecamatan Sumedang Utara, Sumedang.

Kanit Laka Satlantas Polres Kudus Iptu Ngatmin mengatakan dari data yang dihimpun polisi, kecelakaan karena faktor kelalaian sopir.

"Laka lantas (kecelakan lalu lintas) karena human error. Sekitar jam 03.30 sopir ngantuk sehingga terjadi kecelakaan," kata Ngatmin.

Polisi telah melakukan pengaturan arus lalu lintas dan mendatangkan alat berat untuk evakuasi truk dan muatan.

"Arus lalu lintas kami atur biar tetap lancar," ujarnya.




Tonton juga 'Mobil Terbakar Usai Ditabrak Truk, Tiga Orang Tewas':

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed