DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 17:48 WIB

Begini Kondisi Terkini Kebakaran di Gunung Merbabu

Eko Susanto - detikNews
Begini Kondisi Terkini Kebakaran di Gunung Merbabu Helikopter mengambil air dari Rawa Pening untuk pemadaman kebakaran Gunung Merbabu. Foto: Eko Susanto/detikcom
Semarang - Pemadaman kebakaran di Gunung Merbabu dengan water bombing helikopter tipe MI 8 EY-225 milik BNPB hari ini dilakukan sebanyak 16 kali. Berdasarkan pantauan udara tampak asap semakin menipis.

"Dari pantauan udara asap sudah kelihatan menipis, tapi tetap dilaksanakan (water bombing)," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Semarang, Heru Subroto saat dihubungi detikcom, Kamis (18/10/2018).

Water bombing untuk memadamkan api di Gunung Merbabu sudah dilakukan sebanyak 21 kali sejak kemarin.

Kemudian untuk kebutuhan water bombing, helikopter mengambil air dari Rawa Pening, tepatnya di dekat Objek Wisata Bukit Cinta, Kecamatan Banyubiru.


"Kemarin 5 kali, tadi pagi 2 kali dan siang 14 kali water bombing," kata dia.

"Insya Allah besok masih dilaksanakan sampai padam," kata Heru.


Diwawancara sebelumnya, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Edy Sutiyarto mengatakan bahwa luas lahan yang terbakar semakin bertambah. Hingga semalam terpantau sekitar 300 hektare lahan tidak dapat diselamatkan dari kobaran api.

"Kalau dari perkiraan ya bisa lebih dari 300 hektare, tetapi perlu pencermatan lagi," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Edy.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed