Airnya Semerah Darah, PDAM Didesak Beri Kompensasi Pelanggan

Airnya Semerah Darah, PDAM Didesak Beri Kompensasi Pelanggan

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 18 Okt 2018 15:17 WIB
Air PDAM Solo semerah darah (Foto: Istimewa)
Air PDAM Solo semerah darah (Foto: Istimewa)
Solo - Sebagian air PDAM Surakarta berubah warna menjadi merah darah selama dua pekan. Meski belakangan diketahui ada kesalahan dari pihak lain, PDAM diminta tetap memberikan kompensasi kepada pelanggan.

Hal tersebut disampaikan Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro) Solo. Desakan itu harus dilakukan karena bagaimanapun konsumen berhak mendapatkan pelayanan terbaik.

"Memang kemarin sumbernya diketahui dari pabrik cat, tapi kan pelanggan tidak mau tahu. Mereka kan sudah membayar dan harus dilayani dengan baik," kata pimpinan Pattiro Solo, Dyah Ayu, kepada detikcom melalui telepon, Kamis (18/10/2018).


Di sisi lain, PDAM juga diminta memproses kasus tersebut secara hukum. Pasalnya peristiwa tersebut sangat membahayakan bagi masyarakat.

"Ini kan sangat berbahaya, masyarakat sangat dirugikan. PDAM juga harus melanjutkan ke proses hukum agar nantinya tidak terjadi lagi semacam ini," ujar dia.


Sementara itu, Humas PDAM Surakarta, Bayu Tunggul, mengatakan belum ada rencana memberikan kompensasi kepada pelanggan. Namun pihaknya akan terus berkomunikasi dengan pelanggan.

"Kalau diminta kompensasi ya akan kita berikan, tentu bukan dengan hitungan rupiah. Sejak kemarin sebenarnya kami sudah siap dropping air bersih ke sana. Namun tampaknya di sana masih banyak sumur-sumur yang masih bagus dan bisa dimanfaatkan," kata Bayu.


Saksikan juga video 'Ada 'Air Sirup', PDAM Bandung Langsung Bergerak':

[Gambas:Video 20detik]

(bai/mbr)