DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 11:04 WIB

Saat Helikopter Ambil Air Rawa Pening untuk Padamkan Api di Merbabu

Eko Susanto - detikNews
Saat Helikopter Ambil Air Rawa Pening untuk Padamkan Api di Merbabu Helikopter ambil air di Rawa Pening untuk padamkan api di Gunung Merbabu. Foto: Eko Susanto/detikcom
Semarang - Pemadaman kebakaran di Gunung Merbabu dengan helikopter dilanjutkan hari ini. Pagi ini helikopter sudah tampak kembali mengambil air dari Rawa Pening.

Pantauan detikcom, Kamis (18/10/2018), sekitar pukul 09.30 WIB, helikopter tipe MI 8 EY-225 milik BNPB mengambil air di Rawa Pening. Adapun lokasi pengambilan air ini yang berdekatan dengan Objek Wisata Bukit Cinta.

Setelah air penuh, helikopter meluncur menuju arah Gunung Merbabu. Pemadaman Gunung Merbabu menggunakan helikopter hari ini memasuki hari kedua.


Seperti diketahui Gunung Merbabu terbakar pada, Minggu (14/10), sejak hari itu upaya pemadaman lansung dilakukan secara manual.

Helikopter ambil air di Rawa Pening untuk padamkan api di Gunung Merbabu. Helikopter ambil air di Rawa Pening untuk padamkan api di Gunung Merbabu. Foto: Eko Susanto/detikcom

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Edy Sutiyarto mengatakan bahwa diperkirakan luas lahan yang terbakar di Gunung Merbabu mencapai 300 hektare.

Helikopter ambil air di Rawa Pening untuk padamkan api di Gunung Merbabu. Helikopter ambil air di Rawa Pening untuk padamkan api di Gunung Merbabu. Foto: Eko Susanto/detikcom

"Kalau dari perkiraan ya bisa lebih dari 300 hektare, tetapi perlu pencermatan lagi," kata Edy dalam pesan singkat kepada wartawan, Rabu (17/10/2018) malam.


Edy mengatakan bahwa ada beragam tanaman yang ludes terbakar. Mulai dari semak belukar, hingga akasia, bim]tami, tesek Puspa, dan kemlandingan gunung.

"Kalau usia tumbuhan ya macam-macam mulai 1 tahun sampai belasan (tahun)," ujar Edy.


Saksikan juga video 'Hutan di Gunung Merbabu Terbakar, Api Dekati Puncak':

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed