DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 13:42 WIB

Insiden Bendera Cina di HUT Kulon Progo, Panitia Kecolongan?

Ristu Hanafi - detikNews
Insiden Bendera Cina di HUT Kulon Progo, Panitia Kecolongan? Tangkapan layar dari video yang beredar di medsos. (Foto: Istimewa)
Kulon Progo - Muncul insiden letusan petasan berisi parasut dan tergantung bendera Cina dalam pentas tari angguk pada peringatan HUT ke-67 Pemkab Kulon Progo di Alun-alun Wates, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Panitia kecolongan?

"Acara inti dari pertunjukan adalah tarian angguk dan petasan untuk menyemarakkan. Jauh dari keinginan tendensi apapun," kata Seksi Pertunjukan Tari Angguk, Joko Mursito saat ditemui di kantor Dinas Kebudayaan Kulon Progo, Rabu (17/10/2018).


Sekretaris Dinas Kebudayaan Kulon Progo itu menegaskan, jika sejak awal tahu isi petasan terdapat parasut dan tergantung bendera Cina maka pihaknya tidak akan memaksakan kehendak memakai petasan.

"Kalau misalnya saya sejak awal tahu yang diledakkan ada bendera itu, tidak saya pakai, saya cukup cuma (tari) angguk saja. Insiden ini baru pertama kali terjadi,"sebutnya.

Joko mengaku dia yang memesan petasan itu dari sebuah toko di Jalan Kyai Mojo-Godean, Kota Yogya seharga Rp 4 juta. Dia pesan petasan berisi pita warna-warni untuk menyemarakkan pentas Tari Angguk.


Joko menambahkan bahwa kegiatan di Alun-alun Wates itu merupakan agenda tahunan dalam perayaan HUT Kulon Progo. Kegiatan itu disebutnya sudah terstruktur bersama Pemda dan kepolisian.

"Jadi konyol dan nggak mungkin kalau saya dengan sengaja menghadirkan itu, ya bunuh diri, nggak mungkin. Yang jelas kami sangat tidak mengetahui, bukan hanya tidak, tapi sangat tidak mengetahui," ujarnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed