DetikNews
Senin 15 Oktober 2018, 15:26 WIB

Dampak Kebakaran di Gunung Merbabu, Warga Kesulitan Air Bersih

Eko Susanto - detikNews
Dampak Kebakaran di Gunung Merbabu, Warga Kesulitan Air Bersih Warga mengantre mengambil air bersih dari bak serbaguna. Foto: Eko Susanto/detikcom
Semarang - Warga Dusun Thekelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, terkena dampak kebakaran Gunung Merbabu. Pipa Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) terbakar dan mengakibatkan 180 KK kesulitan mendapatkan pasokan air bersih.

Kepala Dusun Thekelan Supriyo mengatakan, pipa sumber air diambil dari Tuk Klanting yang berada di sebelah timur pos 5 dan pos 6. Pipa yang terbakar ukuran 3 inchi berada di pos 2 dan pos 3.

"Akhir pipa Pamsimas diketahui mati hari ini. Saya tadi ngecek sampai Pos Pending air mati," katanya saat ditemui di Basecamp Thekelan, Senin (15/10/2018).

Air dari Pamsimas ini digunakan untuk 180 KK atau 720 jiwa warga Dusun Thekelan.


"Perkiraan pipa yang terbakar ada empat sambungan," ujarnya.

Untuk mendapatkan air bersih, warga terpaksa harus mengambil di bak serbaguna milik Kelompok Tani Margo Rukun yang berjarak sekitar 1,5 km dari dusun mereka.

"Kami antre sejak pukul 10.00 WIB, baru dapat air pukul 14.00 WIB. Warga kesulitan mendapatkan air sejak ada titik api di Gunung Merbabu," kata Supardi di sela-sela antre mengambil air bersih.


Ungkapan senada disampaikan seorang warga Warsi (45). "Biasanya air sampai rumah, tapi setelah ada kebakaran air mati. Air di bak ini biasanya digunakan untuk menyirami tanaman, tapi sekarang diambil untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Semarang Heru Subroto saat dimintai tanggapan terkait kesulitan warga Thekelan mendapatkan air bersih karena dampak kebakaran Gunung Merbabu mengatakan, sepanjang kepala desa membuat laporan, droping air bersih akan dilakukan.

"Sampai hari inipun sejak bulan Agustus lalu, BPBD sudah droping air terus. Termasuk nanti kalau Dusun Thekelan kesulitan air, kita bantu," pungkasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed