detikNews
Minggu 14 Oktober 2018, 03:29 WIB

Kenalkan Seni Sejak Dini, 6 Grup Gelar Parade Drama Anak di Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kenalkan Seni Sejak Dini, 6 Grup Gelar Parade Drama Anak di Solo Anak-anak sedang berlatih di sangar seni (Foto: Dok. Sanggar Pasinaon Pelangi)
Solo - Enam kelompok atau grup teater anak-anak dari Solo dan sekitarnya akan memeriahkan acara parade drama anak dalam event Pelangi Art Festival Pelangi Art Festival 2018 di Solo. Pemrakarsa acara ingin menanamkan nilai-nilai seni semenjak dini.

"Sebagai media pembelajaran kemandirian dan tanggung jawab kita mendidik anak di saat derasnya arus budaya global. Maju mundurnya sebuah bangsa tidak terlepas dari seberapa jauh bangsa tersebut mengenal jati diri, asal usul, sejarah dan seni budayanya. Kita perkenalkan dan kita tanamkan itu semenjak dini," ujar Udyn Oepewe, pemrakarsa acara, dalam keterangannya kepada detikcom, Minggu (14/10.2018).

Alasan lain, kata Udyn, adalah hak anak untuk mendapatkan pembelajaran positif melalui ruang publik di luar jam sekolah yang sudah padat kurikulum, agar tumbuh dan berkembang pemikiran serta perilaku sehat dalam diri mereka, dengan mengeksplorasi kreativitas anak.

"Meskipun pada hakekatnya dalam kesehariannya, anak-anak saat bermain sudah merupakan bentuk lain dari sebuah pementasan teater sekalipun tanpa skenario. Kali ini permainan mereka itu dibawa ke atas panggung dalam bentuk seni pertunjukan dengan garapan serius tanpa melupakan suasana bermain dalam setiap prosesnya," ujar seniman muda yang tekun menggeluti panggung teater dan ketoprak di Solo tersebut.
Lomba Drama Anak-anak di Solo, Kenalkan Seni Sejak DiniAnak-anak sedang berlatih di sangar seni (Foto: Dok. Sanggar Pasinaon Pelangi)
"Membawa anak-anak ke atas panggung, bermain ceria, bersemangat, penuh warna dan bergairah, dikemas dalam estetika dan dramatika tentu menjadi atmosfir tersendiri yang selayaknya dihadirkan di tengah masyarakat yang kian terasing dari lingkungannya. Sekaligus menjadi ajang sosialisasi dan interaksi antar dan sesama anggota warga masyarakat," lanjutnya.

Acara Pelangi Art Festival 2018 akan digelar di Sanggar Pasinaon Pelangi di jalan Pelangi Utara RT 05 RW 28, Mojosongo. Solo. Acara akan dilaksanakan pada 27-28 Oktober 2018 mendatang. "Selama dua hari dari pukul 19.00 WIB hingga 23.00 WIB," kata Udyn.

Adapun para penampil adalah Teater Sangir (dari Sangiran, Sragen), Sanggar Kami (Banjarsari, Solo), Teater Mandala dan Kelas Akting Rumah Banjarsari (Solo), Teater Laskar 29 (Solo), Teater Nusa Mekar (Solo) dan Sanggar Pasinaon Pelangi selaku penyelenggara.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com