DetikNews
Sabtu 13 Oktober 2018, 19:49 WIB

Tolong 3 Temannya, Pelajar ini Hilang Tenggelam di Pantai Gunungkidul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Tolong 3 Temannya, Pelajar ini Hilang Tenggelam di Pantai Gunungkidul Foto: Dok Humas Basarnas DIY
Gunungkidul - Seorang pelajar terseret ombak saat berusaha menolong tiga orang temannya yang bermain di Pantai Sedahan, Jepitu, Girisubo, Gunungkidul. Ketiganya berhasil diselamatkan tim SAR, tapi pelajar tersebut ikut tenggelam dan saat ini masih dalam pencarian tim Basarnas DIY.

Humas Basarnas DIY, Pipit Eriyanto mengatakan, kejadian tersebut bermula saat Putu Bagus Sadewa (15), warga Krajan, Kemetul, Susukan, Salatiga, Muhamad Andiko Abimayu (18), warga Dukuhsari, Muncar, Susukan, Semarang dan Arif Gunawan (16), warga Gumuk, Susukan, Semarang tengah bermain di sekitar palung Pantai Sedahan saat kondisi air laut surut. Di saat ketiganya asyik bermain, tiba-tiba ombak besar menggulung ketiganya pelajar tersebut.

"Tahu ketiga temannya terseret ombak dan tenggelam, korban langsung berusaha menolong tiga temannya. Tapi korban malah ikut tersapu ombak dan tenggelam," katanya saat dihubungi wartawan, Sabtu (13/10/2018).

Adapun korban tersebut bernama Muhamad Lutfi Priyambhodo (17), warga Kuncen, Karangduren, Tengaran, Semarang. Pipit mengatakan saat mengetahui keempatnya tenggelam, warga sekitar langsung menghubungi petugas SAR Satlinmas Korwil 1 Gunungkidul yang berada di lokasi yang selanjutnya melakukan pencarian dan pertolongan kepada keempat pelajar tersebut.

"Setelah dicari, tiga orang korban berhasil diselamatkan. Tapi untuk Lutfi belum ditemukan," ucapnya.

Petugas SAR menghubungi Basarnas DIY guna membantu proses pencarian terhadap Lutfi dan melakukan penyisiran di sekitar lokasi. Kasubsi Operasi Basarnas DIY, Aditya Dwi H menambahkan, bahwa ia telah memerintahkan Kordinator Unit siaga di Gunungkidul untuk mempersipakan 4 personel serta peralatan SAR untuk melaksanakan operasi SAR di Pantai Sedahan Gunungkidul.

"Sudah dikirim 8 rescuer beserta peralatan SAR air, 4 rescuer dari unit siaga Basarnas di Gunungkidul dan 4 rescuer dari Kantor induk Basarnas DIY," ujarnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed