Polisi Bantah Intelnya Datangi Panitia Seminar Sudirman Said di UGM

Ristu Hanafi - detikNews
Sabtu, 13 Okt 2018 14:57 WIB
Kabid Humas Polda DIY AKBP Yuliyanto. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Kepolisian membantah pernyataan eks Menteri ESDM, Sudirman Said yang menyebut ada intel dari aparat keamanan mendatangi panitia seminar kebangsaan yang rencananya akan digelar di UGM. Bantahan disampaikan oleh Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto.

"Intel kepolisian tidak ada yang mendatangi (panitia) ataupun pihak UGM terkait dengan kegiatan tersebut," kata Yuliyanto, saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (13/10/2018).

Karena anggota kepolisian tidak melakukan kegiatan seperti pernyataan yang dilontarkan Sudirman, Yuliyanto pun enggan berkomentar lebih jauh lagi.

Diketahui, seminar kebangsaan yang sedianya digelar Jumat (12/10) di Fakultas Peternakan UGM dengan pembicara Sudirman Said dan eks Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan itu batal digelar karena pihak kampus mencabut izin pemakaian auditorium sebagai lokasi seminar.


Sebelumnya, saat dimintai konfirmasi detikcom, Sudirman menyebutkan panitia selain diancam drop out (DO) juga didatangi intel aparat keamanan.

"Anak-anak UGM ini luar biasa. Mereka didatangi intel aparat keamanan, terus panitianya ada yang diancam DO, tapi tetap jalan dengan rencana mereka menyelenggarakan seminar," ujar Sudirman, Sabtu (13/10).


Sudirman tak menyebut aparat keamanan yang dimaksud. Namun menurutnya, panitia penyelenggara seminar kebangsaan itu mengaku didatangi aparat.

"Panitia menjelaskan demikian. Sampai ada yang mengundurkan diri dari kepanitiaan. Semoga semua baik-baik. Semoga ancaman DO itu juga tidak benar," ucap Sudirman. (sip/sip)