detikNews
Sabtu 13 Oktober 2018, 09:35 WIB

Hari Tanpa Bayangan di Yogya Hari Ini, Bagaimana Perkiraan Suhunya?

Ristu Hanafi - detikNews
Hari Tanpa Bayangan di Yogya Hari Ini, Bagaimana Perkiraan Suhunya? Foto: Bagus Kurniawan/detikom
Yogyakarta - Suhu udara di wilayah Yogyakarta hari ini diprakirakan bakal meningkat seiring dengan fenomena hari tanpa bayangan. BMKG memperkirakan suhu udara di Yogyakarta dan sekitarnya mencapai 36 derajat celcius.

"Untuk siang ini suhu udara maksimum di Yogya diprediksi berkisar 34-36 C," kata Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Djoko Budiyono saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (13/10/2018).

BMKG merilis fenomena hari tanpa bayangan di Yogyakarta akan terjadi hari ini pukul 11.24 WIB. Pada saat itu, posisi matahari tepat tegak lurus dari lintang pengamat.

"Jadi posisi matahari tegak lurus di atas wilayah kita. Dan pada umumnya ketika matahari posisinya tegak lurus terhadap suatu objek, maka akan mendapatkan curahan matahari yang lebih besar atau panas," jelasnya.


"Tetapi dengan catatan kondisi langit sedang cerah atau tidak ada awan yang dapat menghalangi masuknya radiasi matahari ke bumi. Jadi tidak serta-merta hari tanpa bayangan membuat suhu udara menjadi paling panas dikondisi tersebut," imbuhnya.

Tentang hari tanpa bayangan. Tentang hari tanpa bayangan. Foto: BMKG

Djoko menambahkan dampak lainnya ketika terjadi fenomena hari tanpa bayangan. Yakni kelembaban udara rendah kurang dari 40 persen dan cuaca terasa panas menyengat hingga beberapa hari setelah hari tanpa bayangan.

"Kami imbau masyarakat menggunakan pelindung surya untuk mengurangi sengatan matahari, bawa bekal atau minuman ketika aktivitas di luar ruangan, dan update informasi cuaca dari BMKG," pungkasnya.



Simak juga video Begini Penjelasan Ilmiah Hari Tanpa Bayangan

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed