DetikNews
Kamis 11 Oktober 2018, 16:04 WIB

Kota Solo Lagi Panas Banget, Suhunya Capai 37 Derajat Celsius

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kota Solo Lagi Panas Banget, Suhunya Capai 37 Derajat Celsius Jalan Jenderal Sudirman Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Beberapa hari terakhir, cuaca di Kota Solo dan sekitarnya lebih panas dari biasanya. Suhu maksimal harian tercatat bisa mencapai 37 derajat celsius.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah, suhu rata-rata Kota Solo 36 derajat celsius. Suhu di angka tersebut juga dirasakan di beberapa wilayah Jawa Tengah, terutama Semarang.

"Rata-rata 36 derajat celsius. Kalau di Semarang paling tinggi bisa 38 derajat, kalau Solo di bawahnya, 37 derajat," kata Kasi Data Infokom BMKG Jawa Tengah, Iis Widyaharmoko, melalui telepon, Kamis (11/10/2018).

Dia menampik kabar yang tersebar di media sosial yang mengatakan suhu Kota Solo mencapai 40 derajat celsius. Dia pun telah mengecek ke beberapa lokasi.


"Kalau kemarin ada kabar sampai 40 derajat itu tidak benar. Saya cek ke bandara juga 35 derajat," ujarnya.

Sementara itu, Pembina Club Astronomi Santri Assalaam (CASA) Sukoharjo, AR Sugeng Riyadi mengatakan cuaca panas ini juga berkaitan dengan fenomena hari tanpa bayangan.

"Memang sebelum dan sesudah fenomena hari tanpa bayangan ini biasanya lebih panas dari biasanya," katanya.

Menurutnya, puncak dari hari tanpa bayangan akan terjadi di Solo pada Sabtu (13/10) pukul 11.23 WIB. Saat itu, matahari akan benar-benar berada di atas kepala, sehingga seakan-akan bayangan benda di bumi tidak tampak.

"Matahari kan saat ini semakin hari akan bergerak ke selatan. Pada Sabtu besok, matahari akan tepat di atas Kota Solo," pungkasnya.
(bai/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed