DetikNews
Kamis 11 Oktober 2018, 12:15 WIB

Menyaksikan Lawang Sewu dan Tugu Muda Semarang Hilang Bayangan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Menyaksikan Lawang Sewu dan Tugu Muda Semarang Hilang Bayangan Fenomena hari tanpa bayangan di Semarang (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang - Tepat pukul 11.25 WIB fenomena alam terjadi di Kota Semarang. Monumen Tugu Muda yang berdiri di pusat Ibu Kota Jawa Tengah itu tidak terdapat bayangan meski panas terik menerpa.

Fenomena hari tanpa bayangan, di mana posisi matahari tepat berada di atas terjadi sekitar 5 menit. Tugu Muda yang berdiri tegak itu tidak terlihat ada bayang dari sisi manapun.
Fenomena hari tanpa bayangan di Semarang (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)


Begitu pula dengan benda lain yang berdiri tegak lurus menyerupai tiang seperti lampu dan juga tiang listrik. Boks panel listrik yang berdiri di dekat Tugu Muda juga tidak nampak bayangannya.

Meski demikian ternyata warga atau wisatawan yang sedang melihat-lihat Tugu Muda maupun Lawang Sewu di seberangnya tidak menyadari fenomena itu.
Fenomena hari tanpa bayangan di Semarang (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)

"Saya tidak tahu. Oh iya ya, Tugu Muda tidak ada bayangannya," kata wisatawan dari Lampung, Paryo di depan Lawang Sewu, Kamis (11/10/2018).

Fenomena ini terjadi dua kali setahun antara Maret-April dan September-Oktober. Namun memang banyak yang tidak menyadari adanya fenomena tersebut.
Fenomena hari tanpa bayangan di Semarang (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun BMKG Semarang, Iis Widya Harmoko, mengatakan fenomena bulan Oktober memang lebih panas karena menuju wilayah Selatan equator. Ia menegaskan hari tanpa bayangan tidak ada hubungannya dengan suhu panas yang sedang terjadi.

"Fenomena ini merupakan hal biasa yang terjadi setiap tahunnya," pungkas Iis.

Setelah Kota Semarang, fenomena hari tanpa bayangan akan terjadi di Surabaya hari Jumat (12/10) besok pukul 11.15 WIB dan Yogyakarta hari Sabtu (13/10) mendatang pukul 11.24 WIB.
(alg/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed