DetikNews
Rabu 10 Oktober 2018, 16:50 WIB

Ini Hasil Penggalian BPCB Jateng di Kawasan Candi Ngempon

Eko Susanto - detikNews
Ini Hasil Penggalian BPCB Jateng di Kawasan Candi Ngempon Foto: Eko Susanto/detikcom
Semarang - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng melakukan ekskavasi penemuan bebatuan di dekat Candi Ngempon, Bergas, Kabupaten Semarang. Ekskavasi ini untuk langkah awal penyelamatan temuan bebatuan.

Pengalian tersebut lokasinya dari Candi Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, jaraknya dari candi paling barat sekitar 37 meter. Lokasi ini sudah berada di luar pagar candi sehingga lahannya milik warga masyarakat. Pengalian dengan kedalaman 1,6 meter dan lebar serta panjang 2, 46 meter persegi dengan melibatkan 4 orang dari BPCB serta dibantu beberapa warga masyarakat.

Arkeolog Pengkaji Pelestari, BPCB Jateng, Septina Wardani mengatakan, ekskavasi kali ini merupakan kegiatan penyelamatan dari adanya temuan awal bahwa ada dugaan struktur di sekitar situs Candi Ngempon.

"Ekskavasi kegiatan kali ini adalah ekskavasi penyelamatan dari adanya temuan awal laporan dari juru pelihara Candi Ngempon dan Candi Gedong Songo bahwa ada dugaan struktur di sekitar situs Candi Ngempon. Kemudian dari kantor BPCB Jateng melakukan peninjauan kemari dan melakukan ekskavasi penyelamatan untuk mengetahui dugaan struktur tersebut betul atau tidak," katanya saat ditemui di sela-sela ekskavasi, Rabu (10/10/2018).
Ini yang Hasil Penggalian BPCB Jateng di Candi NgemponFoto: Eko Susanto/detikcom

"Dari ekskavasi awal diketahui bahwa dugaan struktur terkuatkan dengan ditemukannya beberapa batu yang masih in situ dan membentuk denah tertentu. Untuk memperjelas denah tersebut dilakukan kegiatan ekskavasi kembali selama dua hari tanggal 9 dan 10 Oktober ini," kata dia.

Ekskavasi yang dilakukan tersebut, kata dia, untuk memperjelas denah juga mengetahui arah hadap struktur atau arah hadap bangunan tersebut sisi barat atau timur.

"Sementara dugaan awal di sisi timur tidak ada, kemudian kita cari di sisi sebelah barat, sementara ini ada dugaan struktur yang diperkirakan tangga," ujarnya.

Berdasarkan ekskavasi yang dilakukan dengan pengalian di kedalaman sekitar 1,6 meter, katanya, bangunan yang ditemukan sementara ini berupa struktur.

"Kalau bangunannya sementara ini, kami hanya bisa simpulkan hanya struktur karena belum terlihat bentuk bangunan keatasnya. Jadi masih berupa semacam pondasi atau seperti batur," ujar dia.
Ini yang Hasil Penggalian BPCB Jateng di Candi NgemponFoto: Eko Susanto/detikcom

Saat disinggung bangunan tersebut berupa candi, katanya, untuk struktur komponen pendukung keatasnya belum menemukan.

"Kalaupun candi bagian dasar, bagian kaki candi. Ini masih satu kesatuan (dengan Candi Ngempon) karena satu candi itu mestinya tidak hanya satu kecil atau seperti yang sudah terlihat sekarang, tapi ketika melihat dari sisi lokasi maupun ukuran denah serta profile dari struktur yang ditemukan itu mirip dengan Candi Ngempon mestinya masih satu kesatuan," kata dia.


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed