Wartawan Brebes Adukan Akun FB yang Sebarkan Ujaran Kebencian

Wartawan Brebes Adukan Akun FB yang Sebarkan Ujaran Kebencian

Imam Suripto - detikNews
Senin, 08 Okt 2018 13:50 WIB
Postingan FB yang di laporkan wartawan Brebes. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Postingan FB yang di laporkan wartawan Brebes. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Forum Komunikasi Wartawan Brebes (FKWB) di Jawa Tengah melaporkan sebuah akun facebook (FB) yang memuat ujaran kebencian, ke Mapolres Brebes. FKWB menganggap sejumlah postingan akun tersebut merupakan fitnah dan menyinggung mereka.

Belasan wartawan Senin (8/10/2018) siang mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Mapolres Brebes (SPKT). Selain membuat pengaduan, mereka juga menyerahkan barang bukti berupa tangkap layar (screenshoot) postingan akun FB tersebut.

FKWB membawa setiknya 6 postingan yang dianggap melecehkan profesi wartawan, yang diunggah pada tanggal 7 Oktober 2018. Keenam postingan itu diungggah beruntun dari pukul 15.26 WIB hingga 15.56 WIB.

Ketua FKWB, Bayu Setiawan, mengatakan postingan ini diunggah oleh akun FB atas nama Bustanul Bokir Arifin. Menurutnya, unggahan itu sangat melecehkan profesi wartawan di Brebes, karena apa yang diunggah akun tersebut sama sekali tidak benar.

"Apalagi kami disebut merampok uang rakyat. Yang disampaikan itu sangat tidak benar dan fitnah," tandas Bayu.

Karena dianggap menyudutkan profesi wartawan inilah, FKWB, tambah Bayu, memutuskan untuk mempolisikan pemilik akun FB tersebut. Mereka meminta polisi mengusut tuntas kasus tersebut karena dampak dari unggahan ini sangat besar dan menodai citra wartawan.

Kasat Reskrim Polres Brebes, AKP Arwansa berjanji akan menindaklanjuti pengaduan anggota FKWB. "Kami akan memanggil saksi-saksi dan kumpulkan bukti. Pokoknya akan kami tindaklanjuti pengaduan wartawan," tegas Arwansa. (mbr/mbr)