DetikNews
Rabu 03 Oktober 2018, 12:36 WIB

Lebih dari 100 Ribu Siswa Terdampak Gempa dan Tsunami Sulteng

Ristu Hanafi - detikNews
Lebih dari 100 Ribu Siswa Terdampak Gempa dan Tsunami Sulteng Mendikbud Muhadjir Effendy. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengungkapkan ada lebih dari 100 ribu siswa yang terdampak langsung bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng). Sementara tenaga pendidik yang terdampak berjumlah lebih dari 20 ribu orang.

"Yang terdampak 20.000 lebih guru, kalau siswa 100.000 lebih," kata Muhadjir ditemui di sela menghadiri Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia 2018 di Sahid J-Walk Mall, Sleman, Rabu (3/10/2018).

Meski telah mendata jumlah siswa dan tenaga pendidik yang terdampak gempa dan tsunami, namun Muhadjir mengaku kondisi mereka seluruhnya saat ini belum diketahui secara detail.


"Belum ada rincian kondisi, sudah ada laporan meninggal tapi belum final. Masih kita data, kan masih banyak yang harus kita cari, termasuk karyawan UPT juga masih ada beberapa yang belum kumpul lagi, yang sudah ketahuan meninggal satu orang," jelasnya.


Kemendikbud juga mencatat sebanyak 2.736 sekolah di Sulteng rusak. Ribuan sekolah rusak tersebar di Palu, Donggala, Sigi dan beberapa titik lainnya.

"Sekolah terdata 2.736 sekolah yang terdampak mulai dari kerusakan ringan sampai hancur total. Di Palu, Donggala, dan lebih banyak di Sigi," imbuh Muhadjir.

"Kami akan turunkan tim trauma healing, setelah kelas darurat berjalan anak-anak didampingi untuk memulihkan kondisi psikologis. Guru-guru terdampak juga akan kita kumpulkan beri motivasi agar segera kembali mengajar," lanjut Muhadjir.

Mendikbud menyebutkan kementeriannya telah memiliki tim psikolog bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi. Ketika gempa Lombok beberapa waktu lalu, tim psikolog itu telah diterjunkan untuk memberikan pendampingan di sana. "Ada sebagian yang sekarang bertugas di NTB akan ditarik ke Sulteng," jelasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed