Hutan Pinus Dekat Candi Gedong Songo Terbakar

Eko Susanto - detikNews
Jumat, 28 Sep 2018 19:39 WIB
Foto: Eko Susanto/detikcom
Semarang - Hutan yang berdekatan dengan Candi Gedong Songo, Bandungan, Kabupaten Semarang, terbakar. Meski sudah berhasil dipadamkan, luas hutan pinus yang terbakar sekitar 2 hektar.

Kebakaran tersebut persisnya mulai di atas kawah belerang hingga naik menuju semak belukar dan daun kering di hutan pinus yang berada di kompleks Candi IV Gedong Songo. Warga yang mengetahui kejadian tersebut berupaya memakamkan kobaran api secara manual, yakni memukul-mukul api yang menyala dengan menggunakan kayu.

Tukang foto Candi Gedong Songo, Subur (38) mengatakan, awal mulanya titik yang terbakar tidak diketahui secara persis. Kebakaran tersebut diketahui sekitar pukul 10.30 WIB.

"Kebakaran kita ketahui sekitar pukul 10.30 WIB dan itu saya tahu ketika api sudah membesar. Saya baru ke atas, warga ke sini nggak berani memadamkan karena tingginya api," kata Subur saat ditemui di kompleks kawasan Candi IV Gedong Songo, Jumat (28/9/2018).
Hutan Pinus Dekat Candi Gedong Songo TerbakarFoto: Eko Susanto/detikcom

Karena api semakin besar dan meluas, Subur bersama dua orang temannya kemudian menuju lokasi. Mereka berusaha untuk memadamkannya secara manual.

Sementara itu, Administratur Perum Perhutani KPH Kedu Utara Erwin mengatakan, lokasi yang terbakar berada di petak 6 H RPH Lempuyangan BKPH Ambarawa seluas 2 hektar. Untuk dugaan api berada dari sekitar Candi IV Gedong Songo.

"Melihat ada kebakaran staf kami bersama pengelola Candi Gedong Songo langsung naik untuk memadamkan. Sekarang api sudah padam," katanya kepada wartawan.

(bgs/bgs)